Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Efek Samping Makan Timun Tiap Hari

Efek Samping Makan Timun Tiap Hari
Efek Samping Makan Timun Tiap Hari

Siapakah yang tidak senang dengan mentimun yang gurih dan segar? Untuk beberapa orang timun sering dijadikan teman bersantap dengan sambal. Agar semakin lebih enak, kamu juga dapat tambah ketimun ke salad, pasta, atau sandwich supaya lebih sedap. 

Walau timun tawarkan banyak manfaat, ada pula resikonya, mari simak lebih lanjut disini. Misalkan sendawa yang terkadang malu-maluin dan kulit gatal ialah dua imbas negatif yang seringkali diadukan dari makan ketimun.

Berikut deretan bahaya timun yang jarang-jarang dijumpai:

Sudah terbukti beracun

Ada toksin seperti cucurbitacins dan tetracyclic triterpenoids dalam ketimun memang jadi hal yang penting dicemaskan. Riset memperlihatkan jika konsumsi ketimun melewati batasan dapat memberikan ancaman nyawa.

Dapat kehilangan cairan terlalu berlebih

Biji ketimun sebagai sumber cucurbitin, bahan yang dijumpai mempunyai karakter diuretik bawaan. Saat ketelan dengan jumlah banyak, bahan diuretik ini menyebabkan pengeluaran cairan yang terlalu berlebih dari badan, hingga menghalangi kesetimbangan elektrolitik. Pada keadaan ekstrim, ini dapat membuat benar-benar dehidrasi.

Konsumsi vitamin C yang terlalu berlebih

Vitamin C memiliki peranan khusus dalam menahan dan melawan beragam keadaan kesehatan, terhitung flu dan penyakit kudis.

Akan tetapi, jika melewati batasan yang dianjurkan akan beresiko. Vitamin C, saat diolah dengan jumlah yang besar sekali, melakukan tindakan seperti pro-oksidan pada karakter anti-oksidatif bawaannya.

Ini memacu perkembangan dan penebaran radikal bebas, maka dari itu terdapat resiko semakin tinggi terserang kanker, jerawat, penuaan awal, dan lain-lain.

Merugikan ginjal

Hiperkalemia ialah satu keadaan klinis yang tampak karena ada kandungan kalium yang tinggi pada tubuh. Keadaan ini lebih buruk dari hari ke hari dan menghalangi peranan ginjal secara efisien.

Menghancurkan jantung

Ketimun memiliki kandungan lebih dari 90% air didalamnya. Saat konsumsi terlalu berlebih dari sayur yang memiliki kandungan serat ini. Akan makin tinggi konsumsi air dan makin tinggi juga volume bersih darah. Ini memberi penekanan pada pembuluh darah dan jantung. Hasilnya, jantung dan pembuluh darah akan alami kerusakan yang tidak diharapkan.

Kembung

Ketimun, sama seperti yang disebut sebelumnya, memiliki kandungan bahan yang dimaksud cucurbitacin. Elemen ini dapat memacu masalah pencernaan pada beberapa orang tertentu, apa lagi bila mereka mempunyai mekanisme pencernaan yang peka.

Masalah pencernaan akan memacu perut kembung yang mencoba dimusnahkan oleh badan dalam bentuk sendawa dan kentut.

Mengakibatkan sinusitis

Bila kamu menanggung derita sinusitis atau keadaan pernafasan akut apapun, dianjurkan untuk menghindar makan ketimun.

Bahaya untuk ibu hamil

Walau ketimun biasanya dipandang aman sepanjang kehamilan, ada keadaan tertentu yang bisa membikin tidak nyaman bila ketimun dimakan terlalu berlebih.

Karakter diuretik dari sayur ini akan memacu kerap buang air kecil, hingga membuat kamu kecewa dan tidak nyaman. Ketimun ialah sumber serat baik dan karena itu jatah yang tidak termonitor dapat membuat kembung.

Itulah pembahasan perihal efek samping makan timun yang jarang diketahui. Jangan lupa share jika dirasa artikel ini bermanfaat.

Nur Islam
Nur Islam Blogger Indonesia