Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pekerjaan Freelance Paling Mudah

Pekerjaan Freelance Paling Mudah

Dulu pekerjaan paruh waktu / part-time dan sekarang ada Freelance adalah satu diantara pekerjaan yang dianggap sepele oleh beberapa orang. 

Pekerjaan freelance merupakan suatu pekerjaan yang memanfaatkan situs internet menjadi media untuk bekerja.

Terdapat banyak situs untuk bekerja secara freelance misal fiverr, upwork, sribulancer, projects.co.id dan masih ada banyak lagi.

Seorang freelancer itu tidak terikat dengan jam kerja jadi sebenarnya seorang freelancer bisa juga disebut seorang pekerja lepas.

Sebagian orang membuat freelance cuma untuk pekerjaan sambilan tetapi upah yang bisa diambil dari pekerjaan ini sangatlah lumayan.

Modal awalan untuk mulai pekerjaan freelance ini cukup murah hanya dengan modal notebook atau computer dan koneksi internet saja.

Sebelum memutuskan menjadi seorang freelancer harus mengenali lebih dahulu bidang pekerjaan apa yang dikuasai.

Pekerjaan seorang freelancer atau pekerja lepas ada beberapa bidang pekerjaan yang bisa di pilih mulai dari design grafis, edit video bahkan juga ada layanan menulis sebuah artikel.

Di sini saya akan memberikan bidang pekerjaan bagi para freelancer yang paling mudah dikerjakan khususnya bagi yang baru ingin mulai kariernya dibidang freelance ini.

4 Pekerjaan Freelance Yang Paling Mudah Dikerjakan

1. Jadi Youtuber

Mungkin dari sebagian orang berpikir untuk menjadi seorang youtuber itu sangat sulit, karena perlu mempunyai kemampuan editing video yang baik serta dibutuhkan perlengkapan yang mendukung seperti camera yang bagus, notebook/pc dengan tools edit seperti photoshop dan alat pendukung yang lain untuk membuat kontent supaya lebih bagus.

Tetapi, pernyataan itu tidak selama-lamanya benar, karena kunci keberhasilan menjadi youtuber itu tergantung pada kontent video yang dibuat. 

Jika kontennya menarik biarpun memanfaatkan perlengkapan yang sederhana, bisa saja jadi terkenal dan banyak penontonnya. 

Salah satu contoh youtuber yang tersohor dengan alat yang seadanya adalah "Alip Ba Ta" kamu bisa coba cari di pencarian youtube siapa sih pemilik akun youtube ini dan semoga kamu bisa termotivasi dan mau mencoba mulai terjun ke dunia youtube.

2. Data Entry

Pekerjaan data entry itu sangat mudah dilakukan kamu hanya perlu memasukkan data ke dalam database dan ada banyak sekali platform yang bisa kamu gunakan untuk pekerjaan data entry ini, seperti fiverr, sribulancer, freelancer dsb.

Umumnya database itu akan diberikan oleh client dan kamu tinggal entry data itu saja, dilihat dari pekerjaan yang diberikan sangatlah mudah bukan.

Data entry bukan sekedar pekerjaan yang paling mudah di freelance namun jenis bidang pekerjaan ini juga banyak dicari oleh client.

Tetapi karena tugasnya cukup mudah, bidang pekerjaan data enty ini mempunyai bayaran yang relatif kecil. 

3. Jadi Content Writer

Jenis pekerjaan content writer/penulis ini membutuhkan skill menulis yang baik, karena biasanya client mencari seseorang content writer untuk membuat suatu tulisan atau artikel yang search engine optimization (SEO) dan berkualitas untuk promosi usaha mereka.

Pekerjaan ini sangat cocok bagi yang hobi menulis, kamu bisa manfaatkan hobi kamu untuk bisa menambah uang karena pekerjaan yang bagus itu adalah hobi yang di bayar. 

Untuk bayarannya sendiri tergantung permintaan dari client, biasanya bisa memperoleh pemasukan per artikel atau bisa juga perbulan tergantung perjanjian diawalnya.

Untuk jenis pekerjaan ini kamu juga bisa mulai dengan membuat blog di platform gratis seperti blogger untuk menerbitkan tulisan.

Dengan membuat blog kamu bisa menjadikannya sebagai portofolio yang nantinya bisa kamu berikan ke client untuk dipertimbangkan.

Adapun keuntungan lain jika kamu bisa mengelola blog kamu dengan baik, antara lain:

  • Bisa mendapatkan uang dengan memasang iklan seperti google adsense
  • Menyewakan slot iklan di blog
  • Membuka jasa sponsored post 

4. Mengisi Survey Online

Jenis pekerjaan yang terakhir ini merupakan pekerjaan freelance yang paling mudah, mengapa demikian?

Karena pekerjaan ini tidak perlu kemampuan khusus dan hanya dengan modal media HP atau notebook/pc dan koneksi internet saja sudah bisa mendapatkan uang.

Terdapat banyak sekali platform yang menyediakan pekerjaan ini di internet.

Kamu hanya perlu menelusurinya dengan kata kunci "survei online" di mesin penelusuran dan akan tampil banyak situs seperti ySense, Opinionworld, Toluna Influencer, dsb.

Untuk bayaran dari pekerjaan mengisi survey online ini sangatlah bervariatif umumnya tergantung durasi dari pengisian survei tersebut. 

Semakin lama waktu durasi survei yang dikerjakan akan banyak juga bayaran yang bisa kamu diterima.

Itulah pembahasan terkait pekerjaan freelancer yang paling mudah. Jangan lupa klik share jika artikel ini dirasa bermanfaat.