Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi

Metode Pembelajaran Daring
Metode Pembelajaran Daring

Sepanjang pandemi masih berlangsung, pembelajaran daring terus digerakkan di semua negara termasuk Indonesia. Lalu seperti apakah metode pembelajaran daring yang benar itu?

Ditambah adanya Surat Edaran no.4 tahun 2020 dari Mentri Pendidikan dan Kebudayaan yang mengajukan semua aktivitas di industri pengajaran harus menjaga jarak dan semua pengutaraan akan di berikan di dalam rumah masing-masing.

Rupanya tidak semua lembaga pendidikan memahami betul perihal metode yang cocok untuk pembelajaran selama pandemi ini. 

Umumnya dari mereka masih tidak dapat menyesuaikan karena terhalang fasilitas dan prasarana. Walau sebenarnya bila diamati ada metode pembelajaran yang efisien di waktu pandemi ini.

Dan untuk beberapa siswa sekolah dimulai dari TK sampai SMA, praktiknya disebut dengan school from home (SFH). 

Tidak ketinggalan untuk beberapa mahasiswa di tingkatan universitas juga harus mengaplikasikan metode kuliah online. Pembelajaran daring diperuntukkan untuk menekan pergerakan penebaran pandemi virus Corona.

Berkaitan dengan pembelajaran daring, pada realitas di atas lapangan memang tidak segampang yang disampaikan. 

Masalah tehnologi diperkirakan sebagai rintangan paling besar, khususnya untuk guru dan pelajar yang tinggal di pelojok. 

Susahnya terhubung dengan koneksi internet dan tidak ada gawai yang mumpuni, memaksa mereka melewatkan proses pembelajaran daring.

Apa yang dapat dilaksanakan supaya pembelajaran daring dapat efektif?

Pembelajaran Daring Merupakan Sistem Belajar Berbasiskan Tehnologi

Apabila dijelajahi harfiahnya, pembelajaran daring ialah sistem belajar berbasiskan tehnologi dengan selalu melakukan bertemu muka lewat cara virtual dengan kontribusi platform atau media tertentu. 

Pembelajaran daring membutuhkan proses penyesuaian yang lumayan panjang, karena ada penggantian dari sistem belajar bertatap wajah ke pembelajaran jarak jauh atau daring di tengah-tengah kritis yang belum sempat terjadi sebelumnya. 

Oleh karena itu, untuk menggapai efektifitas dalam pembelajaran daring, hal pertama kali yang perlu disiapkan ialah fasilitas tehnologi dan sumber daya yang bisa dipakai dengan nyaman. Dari sisi keringanan akses semakin banyak pada tehnologi yang diperlukan.

Bagaimana Cara Pembelajaran Daring?

Dalam aplikasinya, pembelajaran daring membutuhkan cara-cara yang bervariatif supaya sanggup menggapai hasil yang dikehendaki. 

Di sisi lain, ragam metode pembelajaran daring berperan untuk membuat ketertarikan dari beberapa pelajar khususnya yang duduk di sekolah dasar. 

Oleh karena itu, penting untuk beberapa guru dan wali siswa membahas bersama berkenaan metode Online Learning yang nyaman dan simpel untuk diikuti.

Berikut metode pembelajaran daring:

A. Pembelajaran Daring Berbasiskan Kompetensi

Merilis dari tulisan yang diangkat BDK Jakarta, satu diantara maksud dari pembelajaran daring ini ialah perolehan kapabilitas peserta didik yang dikenali dengan 4C. 

Pertama, Critical thinking atau berpikiran krisis yang mengarahkan peserta didik untuk sanggup menuntaskan permasalahan Problem Solving.

Kedua adalah Creativity Thinking atau berpikiran inovatif, di mana peranan guru ialah konsentrasi menemani peserta didik yang mempunyai kreasi tinggi untuk sanggup berpikiran dan menyaksikan satu permasalahan dari beragam segi dan sudut pandang.

Setelah itu Collaboration alias bekerja bersama. Kegiatan ini penting diaplikasikan pada proses pembelajaran daring supaya peserta didik sanggup dan siap untuk bekerja bersama dengan siapa saja dalam kehidupannya mendatang. 

Terakhir adalah Communication, yang membebaskan peserta didik untuk mengemukakan gagasan dan pemikirannya dengan cepat, jelas, dan efisien.

B. Pembelajaran Daring Hybrid

Wabah Covid-19 memang membawa pengubahan besar baik yang karakternya baik atau buruk. Di dunia pendidikan, adanya pandemi memaksakan bidang tersebut untuk ingin dan sanggup manfaatkan tehnologi sebagai sarana khusus. 

Bahkan juga pada akhirnya ada ide untuk mengimplementasikan ide pengajaran dengan hybrid model. Hybrid model ialah sistem pembelajaran yang menyatukan belajar online dengan bertemu muka. 

Jika kondisinya telah semakin aman, peluang hybrid model akan diaplikasikan pada beberapa daerah dengan tingkat penebaran Covid-19 yang rendah.

C. Pembelajaran Daring Dengan Konsep Tour

Mengisi soal atau memerhatikan paparan materi kemungkinan berasa menjemukan untuk pelajar. Kadang-kadang, pihak pendidik perlu menambah kreasi dengan manfaatkan pembelajaran daring dengan konsep tour.

Konsepnya serupa dengan studi tur yang umum dilaksanakan setiap semester, namun dilaksanakan lewat virtual. Ini juga telah difasilitasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja bersama dengan Google, untuk memasukkan beberapa museum dan situs di Indonesia ke Basis Google Arts dan Culture.

D. Pembelajaran Daring Dengan Video

Metode pembelajaran daring dengan video telah umum dijalankan. Di mana pendidik merekam dirinya sendiri memberikan materi, atau minta pelajar untuk melihat video dari 1 platform belajar tertentu. 

Sesudah pelajar selesai melihat, pendidik dapat memberikan soal atau membuat group dialog untuk memecahkan satu permasalahan. Dipercaya, metode pembelajaran daring ini lebih efisien untuk membentuk area interaktif baru untuk pengajar dan pelajar.

Kelebihan Pembelajaran Daring

  • Proses pembelajaran bisa dilaksanakan tanpa terbatasi oleh kewajiban pendidik dan peserta didik untuk ada di ruangan dan jam yang sama.
  • Pemakaian tehnologi komunikasi dan info sebagai media evaluasi memunculkan biaya yang lebih rendah baik untuk pelaksana pengajaran jarak jauh ataupun peserta didik.
  • Materi ajar dan beragam hubungan berbentuk tulisan yang dibungkus secara digital memungkinkannya peserta didik agar bisa membaca ulang berkali-kali informasi yang tertera didalamnya.

Kekurangan Pembelajaran Daring

  • Kurangnya contact langsung di antara pendidik dan peserta didik memerlambat proses terbangunnya relasi sosial dan nilai-nilai yang jadi tujuan dasar dari pengajaran.
  • Rendahnya kontrol pada proses pembelajaran sebagai impikasi dari langkah belajar mandiri sebagai titik berat dari pengajaran jarak jauh.
  • Kekurangan tehnologi komunikasi dan informasi yang tidak bisa menggantikan seutuhnya proses komunikasi dan hubungan langsung yang terjadi dalam pendidikan konservatif.

Tips Belajar Daring (Online) yang Efisien Di Rumah

Walau harus belajar dalam rumah, tidak berarti beberapa pelajar dapat semaunya dalam menuntaskan pekerjaan atau mengikuti materi pelajaran yang diberikan. 

Lantaran jika demikian, akan memiliki pengaruh pada pengurangan nilai yang berbuntut pada ketinggalan kelas. Disini peranan orang-tua benar-benar dibutuhkan dalam mengawasi anaknya saat melaksanakan pembelajaran daring atau Online Learning.

Disamping diharuskan menemani anak saat belajar, orang-tua bisa juga berperanan sebagai guru yang sanggup memecahkan permasalahan dan mencari jalan keluar. 

Selain itu, kemauan kuat dari pelajar juga diperlukan supaya memunculkan proses belajar yang efisien dan optimal. Karena itu, pelajar harus mempunyai motivasi tinggi dalam mengikuti proses Online Learning yang diberikan.

Demikian Metode Pembelajaran Daring di rumah supaya lebih efektif, semoga bermanfaat.