Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog
Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Menghasilkan Uang Dari Blog

Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog tanpa modal dengan mudah? Pada jaman yang serba teknologi sekarang ini penggunaan internet sudah sangat populer untuk mendapatkan uang dan mengelola blog adalah salat satu cara untuk mengdapatkan uang dari internet. 

Anda bisa mengelola blog dari rumah dengan jam kerja yang fleksibel seperti freelancer pada umumnya. 

Mengelola blog juga sudah termasuk bisnis online jangka panjang yang jika ditekuni bisa menghasilkan uang yang cukup lumayan bahkan jutaan per bulannya. 

Untuk bisa menghasilkan uang dari blog ini bukan berarti tanpa modal, sebenarnya masih membutuhkan modal seperti koneksi internet dan media seperti laptop/pc untuk menjalankannya.

Untuk menjalankan bisnis ini siapapun bisa menjalankannya dan mungkin sebagian orang ada yang berpikir bahwa belajar mengelola blog itu susah.

Perihal tersebut memang benar, karena untuk mengelola blog itu dibutuhkan skill atau kemampuan menulis yang baik. 

Karena sebuah tulisan yang baik dan bagus akan membuat calon pelanggan akan puas dan betah berlama-lama membaca tulisan yang Anda buat.

Karena konsep dari sebuah blog adalah mencari pengunjung atau visitor sebanyak-banyaknya. Jika visitor banyak maka uangpun akan datang dengan sendirinya. 

Tertarik untuk menjadi seorang blogger pemula yang sukses? 

Jika Anda sudah memutuskan terjun kedunia blogging ada beberapa proses yang harus Anda lalui sebelum menjadi blogger yang sukses. 

Untuk bisa sukses tidak ada cara yang instan, untuk itu mari kita cari tahu bagaimana cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula.

Berikut beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan sebelum membuat blog yang bisa menghasilkan uang. 

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

A. Menentukan Topik Blog

Untuk menjalankan suatu bisnis tentu harus tahu tujuan yang ingin di capai dimasa mendatang. Maka dari itu sebelum membuat blog Anda harus tahu terlebih dulu topik atau niche blog yang akan Anda terapkan pada blog Anda. 

Karena memilih niche atau topic ini sangat penting untuk penulisan artikel di dalam blog nantinya. Pilihlah topik yang bagus yang Anda kuasai sehingga Anda akan lebih mudah untuk menulis atau membuat konten dan bukan malah terbebani karena pusing akan konten yang mau dibuat.

Hambatan yang sering dialami oleh para blogger adalah rasa malas akan membuat konten. Jujur saja saya sebagai blogger juga merasakan hal itu. Jika ingin sukses buanglah jauh-jauh rasa malas yang mungkin akan Anda alami nanti.

Untuk memotivasi Anda dalam mengelola blog Anda bisa belajar blog dari para senior-senior yang sudah sukses seperti mas timon adiyoso dan mas sugeng.

Anda bisa mengunjungi situs mereka untuk belajar blogging dan belajar bagaimana caranya membuat tulisan yang baik sesuai kaidah SEO agar bisa bersaing dengan blogger-blogger yang lain. 

B. Menentukan Media Blog

Sebelum membuat blog tentukan terlebih dahulu media atau platform apa yang akan Anda gunakan untuk menulis.

Ada banyak media yang bisa Anda pilih antara lain: Blogger, Wordpress, Tumblr, Webly, dsb. Dari banyaknya media yang ada, yang paling terkenal dan paling sering digunakan oleh banyak orang adalah blogger dan wordpress.

Jika Anda baru mau memulai saya sarankan menggunakan media atau platform blogger saja. Karena selain gratis, media ini juga sudah terbukti terpercaya dan dipakai oleh blog-blog besar seperti mastimon.com.

Untuk syarat menggunakan blogger Anda hanya perlu memakai email dari gmail yang aktiv dan langsung saja kunjungi situs blogger.com dan buatlah blog Anda.

C. Membuat Konten Yang Berkualitas 

Setelah Anda menentukan media atau platform yang Anda gunakan maka mulailah membuat tulisan atau konten. 

Untuk membuat konten yang berkualitas Anda perlu menerapkan system penulisan yang sesuai kaidah SEO supaya konten Anda bisa bersaing dengan blog-blog yang sudah ada duluan di mesin pencari.

Tidak tahu Apa itu SEO? Jika demikian silahkan Anda belajar dari senior blogger mas timon adiyoso di situsnya mastimon.com.

D. Membuat Blog Yang Menarik dan Bagus

Untuk point yang satu ini tidak kalah pentingnya dengan membuat konten yang berkualitas agar bisa bersaing dengan blog lainya. 

Karena blog yang menarik dan bagus itu akan membuat visitor Anda nyaman dan berlama-lama membaca tulisan yang Anda buat.

Jika Anda membuat tampilan blog yang menarik dan bagus maka secara tidak langsung akan membuat kesan yang professional dimata visitor Anda.

Bagaimana cara membuat blog supaya menarik dan bagus? 

Perihal ini serahkan saja pada ahlinya jika Anda memiliki uang lebih bisa menggunakan template blogger premium. Dimana dan berapa?

Jika Anda bingung kunjungi saja sugeng.id, karena sudah dipercaya oleh 7000+ blogger di Indonesia tentunya situs sugeng.id ini sangat rekomended sekali untuk Anda kunjungi. Termasuk saya sendiri yang menggunakan template blogger premium dari sugeng.id.

E. Memilih Nama Domain Yang Tepat

Jika Anda ingin membuat blog Anda terlihat professional dimata pengunjung maka buatlah nama domain yang simple dan unik agar mudah dikenal. Gunakan media hosting seperti niagahoster yang sudah dipercaya oleh para blogger, termasuk saya sendiri. 

Jika Anda memilih media blogger untuk menulis konten, Anda tidak perlu membeli hosting dan cukup dengan membeli domainnya saja di niagahoster.

Karena hosting sudah di tanggung oleh pihak blogger langsung, perihal ini bisa menekan pengeluaran tiap tahunnya jadi Anda hanya perlu membayar biaya sewa domain saja.

Adapun beberapa langkah yang perlu Anda lakukan adalah membuat nama blog yang unik dan baik. Lebih baik gunakan akhiran domain seperti .com, .id, .net dan lain lain. 

Nama domain yang unik akan membantu pengunjung untuk mengingat alamat blog Anda dengan mudah.

F. Cara Monetisasi Blog

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan uang dari blog. Mulai dari menjual jasa, menjual produk buatan sendiri, menyewakan slot iklan seperti banner, pendapatan dari iklan seperti google adsense, bisnis afiliasi dll.  

Sebenarnya tergantung dari pribadi masing-masing ingin memilih cara yang bagaimana untuk monetisasi blognya. Jika anda tidak mahir dalam copywriting atau teknik menjual, maka Anda bisa memilih monetisasi blog yang menjadi primadona para blogger yakni google adsense.

Apapun cara monetisasinya yang terpenting adalah konten yang berkualitas karena ada istilah content is king. Maka dari itu jika konten Anda sepi pengunjung maka pendapatan Andapun akan kecil, jadi gunakanlah teknik SEO untuk membuat konten yang berkualitas yang di senangi oleh mesin pencari.

Demikian ulasan singkat mengenai cara menghasilkan uang dari blog, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Menghasilkan Uang Dari Blog"