Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Apa Itu Bisnis Afiliasi

Mengenal Apa Itu Bisnis Afiliasi

Apakah kamu seorang pengusaha yang ingin mencoba peruntungan di dunia marketing lewat internet? sekarang ini telah banyak metode yang bisa dijalankan untuk jualan lewat internet.

Satu diantaranya yakni menjalankan bisnis Afiliasi Marketing atau dikenal juga dengan bisnis afiliasi. Untuk bisnis afiliasi sendiri memang menjadikan internet sebagai mediator intinya.

Bisnis Afiliasi Marketing mengikutsertakan pihak orang ke-3 dan kamulah sebagai aktor bisnis afiliasinya dan tidak memerlukan modal untuk dapat berjualan.

Mengapa demikian? Karena pada intinya Afiliasi Marketing itu memakai konsep jualan dengan berbasiskan komisi atau bisa disebut juga sebagai makelar tapi bedanya ini online.

Apa Itu Afiliasi Marketing?

Pada intinya Bisnis Afiliasi Marketing itu kamu akan memperoleh komisi hasil dari penjualan produk yang berhasil kamu jual walaupun barang yang kamu jual itu bukan barang punya kamu.

Dalam hal ini bisnis afiliasi ialah bisnis yang membayar jasa seseorang yang sudah berhasil menjual produk atau jasa dari suatu perusahaan tertentu.

Jika kamu tidak mempunyai modal untuk membeli produk yang nantinya akan dipasarkan kembali, maka benar-benar pas untuk mencoba Usaha Afiliasi Marketing yang satu ini.

Komisi yang bisa kamu peroleh akan berbeda sesuai produk yang sudah kamu jual berdasarkan persetujuan dan persyaratan yang sudah diterapkan sebelumnya. Bila kamu tidak melakukan penjualan produk maka kamu pun tidak akan memperoleh komisi.

Apabila dilihat dari pengertiannya, Afiliasi Marketing lebih kurang sama dengan usaha makelar secara umum, namun usaha ini digerakkan lewat internet.

Karena ada kontribusi internet kamu sebagai makelar atau affiliate marketer tak perlu pergi untuk menawarkan produk atau jasa dengan cara langsung atau bertatap muka secara langsung dengan konsumen, tetapi bisa memakai blog atau website yang telah terlebih dahulu dibuat khusus untuk menjalankan program bisnis afiliasi ini.

Setiap kegiatan pemasaran yang kamu kerjakan maka akan ditelusuri secara automatis lewat link affiliate dari suatu web ke web yang lain.

Cara Kerja Bisnis Afiliasi (Affiliate Marketing)

Untuk kamu yang tertarik ingin jadi seorang affiliate marketer maka kamu diharuskan untuk mendaftarkan diri lebih dulu ke suatu perusahaan situs affiliate terlebih dahulu, selanjutnya nanti kamu akan memperoleh sebuat link affiliate.

Selanjutnya tugas kamu ialah mempromosikan link-link affiliate yang telah kamu peroleh ke media promo yang kamu pakai. Untuk media promo kamu dapat menggunakan sosial media seperti, FB, IG atau kamu juga dapat membuat web atau blog untuk media promosi.

Perlu diketahui jika besar nominal komisi atau bayaran yang dapat kamu terima itu bervariatif bergantung pada produk atau jasa yang terjual sesuai ketentuan dan persyaratan yang telah ditetapkan pada awalnya.

Perihal ini malah benar-benar mendatangkan keuntungan untuk pemula yang ingin berusaha untuk mencoba menjalankan bisnis online tetapi tidak ada modal.

Kamu dapat manfaatkan situs involve.asia sebagai media bisnis program Afiliasi Pemasaran, yang bisa menunjang pendapatan bisnis kamu dengan layanan Affiliate Marketing yang professional dan berkualitas.

Keuntungan Bisnis Afiliasi (Affiliate Marketing)

A. Tidak Memerlukan Modal yang Besar

Walau banyak yang menduga dalam menjalankan bisnis afiliasi kamu tak perlu keluarkan biaya sedikitpun, tetapi realita nya sesungguhnya kamu harus tetap memerlukan modal lain seperti netbook atau computer dan koneksi internet yang bisa memberikan dukungan supaya usaha ini dapat jalan secara lancar.

B. Bisa Jual Semua Jenis Produk

Jika kamu telah mendapati media atau website yang menyediakan program affiliate seperti involve.asia, maka otomatis kamu telah terhitung sebagai pemilik toko atau pusat grosir karena kamu bisa menjual beragam tipe produk dan juga jasa.

C. Tidak Perlu Ribet Bayar Upah Pegawai

Bisnis Afiliasi Marketing merupakan bisnis yang bisa dilakukan sendiri. Dengan demikian kamu tak perlu untuk ribet keluarkan uang buat bayar upah pegawai. 

Karena usaha ini kamu yang bekerja sendiri karena itu kamu akan memperoleh upah penuh untuk kamu sendiri sesuai keuntungan produk yang telah sukses kamu jual.

D. Keuntungan Periode Panjang

Periode panjang di dalam perihal ini terjadi berkali-kali. Mengapa demikian? Karena saat kamu memasangkan iklan di suatu web/blog maupun sosial media kamu maka banyak calon customer bisa mengeklik iklan itu dimana dan kapan saja. 

Dengan demikian, bila hal itu terjadi berkali-kali dalam periode yang panjang jadi keuntungan akan terus masuk kerekening kamu berkali-kali.

E. Pasar Lebih Luas

Bisnis afiliasi marketing adalah bisnis yang paling terbuka luas. Dalam masalah ini bisnis afiliasi marketing mempunyai pasar yang paling luas karena memakai jaringan internet maka bisnis ini juga berpotensial untuk mencapai pasar bukan hanya dalam negeri tetapi pasar luar negeri.

Penutup

Demikian artikel mengenai Bisnis Afiliasi (Affiliate Marketing), sebenarnya bisnis afiliasi ini tidak begitu sulit untuk dilakukan dan juga benar-benar berpotensial untuk dapat memperoleh keuntungan yang cukup banyak. Itu juga bergantung dari pribadi masing-masing bagaimana cara untuk menekuni bisnis ini.