Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Artikel Ilmiah Yang Benar

Contoh Artikel Ilmiah Yang Benar
Contoh Artikel Ilmiah

Contoh Artikel Ilmiah

Makna dari artikel sendiri mengarah ke tulisan-tulisan yang kerap kita saksikan di blog atau website. Bahkan juga tiap hari kemungkinan kita kerap membaca artikel dari beragam topik, entahlah itu artikel ilmiah, kesehatan, pendidikan, dan lain-lain.

Umumnya sebuah artikel dicatat seseorang melalui beragam jenis cara, seperti menyatukan kata demi kata jadi sebuah kalimat yang menarik dengan mengarang tulisan, dan membuat tulisan informatif yang berguna untuk pembacanya.

Pemahaman Artikel Ilmiah

Pemahaman artikel berdasar pada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah sebuah karya tulis seorang yang dibentuk lengkap, sama dengan esai pada media massa atau majalah.

Sedangkan menurut opini beberapa pakar, satu diantaranya Rillian E.Wolseley, menerangkan pemahaman artikel sebagai sebuah cerita tulisan dengan panjang yang tidak dapat ditetapkan, dan mempunyai tujuan dalam mengemukakan bukti dan ide dengan tujuan mendidik, memberikan keyakinan, atau menghibur.

Contoh Artikel Ilmiah yang Benar

Artikel ilmiah yang bagus mempunyai beberapa ciri-ciri, salah satunya :

  1. Memiliki isi yang berdasar pada bukti dan bukan hanya realitas semata.
  2. Artikel berisi sebuah kreasi ilmiah dengan tulisan yang cepat, padat, jelas.
  3. Artikel ialah hasil karya tulis orisinil.
  4. Tulisan memiliki sifat bukti, yakni mengutarakan dengan beberapa data yang telah dikenali oleh penulis.
  5. Berisi karangan sama sesuai bukti yang didapatkan dari pembicara atau object dan bukanlah hasil dari pertimbangan penulis semata.
  6. Berisi tulisan artikel yang menjelaskan mengenai biografi figur tertentu, hasil riset, kejadian, dan lain lain.
  7. Artikel merupakan tulisan yang berupa ide dan biasanya mengulas keperluan pembacanya.

Apa Saja Syarat Artikel Ilmiah?

Dalam penulisan contoh artikel ilmiah ada syarat-syarat khusus agar tidak dibentuk asal-asalan, dan menjadi kreasi yang mudah dimengerti oleh pembaca secara baik. 

Adapun syarat artikel itu, adalah seperti berikut :

  1. Bahasa yang dipakai dalam sebuah artikel harus disesuaikan dengan model tulisan artikel yang akan dibuat.
  2. Tulisan pada artikel harus dibuat sendiri alias orisinil hasil dari kreasi sendiri.
  3. Biasanya sebuah topik artikel yang diambil dari sebuah artikel adalah berdasar sebuah peristiwa yang terjadi atau satu tanggapan.
  4. Ide yang ada di artikel adalah gagasan dari penulis atau pembicara, atau juga bisa dengan mengambil referensi dari jurnal, media internet, Koran, dan buku.
  5. Penulisan artikel sendiri tidak terikat waktu, bentuk berita, tehnik penulisan, dan tata bahasa. Disamping aktual, style penulisan dan panjang pendek artikel harus menjadi perhatian.

Style Penulisan Artikel Ilmiah

Artikel sendiri memiliki beragam style penulisan, salah satunya yang penting Anda kenali adalah :

A. Penulisan Populer

Mode penulisan populer ini umumnya dalam artikel mengimplementasikan tulisan yang memiliki sifat menghibur, ringan, dan simpel untuk dipahami. Untuk pemakaian bahasa artikel sendiri umumnya bebas, dan menggunakan bahasa artikel sama dalam Koran atau majalah.

B. Penulisan Ilmiah

Mode penulisan ilmiah ini didalamnya memakai tulisan bahasa resmi serta baku, disamping itu memerhatikan ejaan paling tepat. Disamping itu, memakai penulisan yang telah ditetapkan oleh hukum dan style artikel ini cenderung susah. Hingga membutuhkan evaluasi khusus untuk penulisnya.

C. Penulisan Ilmiah Populer

Di mana penulisan artikel ilmiah populer ini adalah kombinasi dari mode artikel populer dan ilmiah, umumnya diperuntukkan untuk kelompok luas atau umum.

Dalam sebuah artikel ada juga beberapa sistem penulisan, salah satunya sistem penulisan argumentasi, deskripsi, eksposisi, persuasi, dan cerita.

Penyeleksian bahasa dan kalimat penulisan artikel harus menggunakan Bahasa secara umum, agar dapat dipahami secara mudah berkenaan permasalahan atau ulasan yang dibahas. Untuk artikel sendiri terbagi dalam pendahuluan, diteruskan dengan isi lalu penutup.

Untuk klasifikasi pengaturannya tidak ditata seperti dalam skripsi atau buku yang perlu disinyalir oleh pembagian bab. Contoh artikel ilmiah umumnya hanya diikuti oleh pengalihan paragraf. 

Disamping itu, beberapa macam artikel yang dapat Anda dalami yang lain adalah artikel eksploratif, prediktif dan preskriptif.

Demikian sedikit ulasan contoh artikel ilmiah yang benar, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Contoh Artikel Ilmiah Yang Benar"