Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengecek Tagihan Bpjs

Anda pastinya tidak asing dengan pelayanan kesehatan yang diberikan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Saat menjadi anggota BPJS Kesehatan, Anda pasti diharuskan bayar beberapa iuran tiap bulannya. Jumlah ini bergantung pada tipe layanan yang dipakai.

Dikutip dari web BPJS Kesehatan, besaran iuran BPJS Kesehatan setiap bulannya merujuk Perpres 64 tahun 2020, yakni:

  • Kelas 1 Rp 150.000 per-orang perbulan dengan manfaat layanan di ruangan perawatan kelas 1
  • Kelas 2 Rp 100.000 per-orang perbulan dengan manfaat layanan di ruangan perawatan kelas II
  • Kelas 3 Rp 42.000 per-orang perbulan tetapi pemerintahan masih tetap memberinya bantuan iuran sejumlah Rp 7.000, maka dari itu per 1 Januari 2021, iuran BPJS Kesehatan kelas III yakni sejumlah Rp 35.000.

Lalu, Anda juga memerlukan langkah mengecheck tagihan BPJS Kesehatan yang bakal dibayar tiap bulannya. Karena pembayaran iuran BPJS Kesehatan paling lamban yakni tanggal 10 tiap bulannya.

Cara Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan

Berikut cara-cara memeriksa tagihan BPJS Kesehatan yang dapat Anda pilih:

A. Cara Memeriksa Tagihan BPJS Kesehatan Melalui Web

Anda pasti akan memutuskan memeriksa tagihan BPJS Kesehatan melalui web jika aktif memanfaatkan internet. Triknya, cukup masuk web resmi bpjs di https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/ dan melakukan pemeriksaan tagihan pembayaran.

Anda akan disuruh untuk mengisi beberapa data yang terbagi dalam nomor kartu dan tanggal lahir sebagai pemegang kartu BPJS Kesehatan itu.

Sehabis mengisi ke-2 kolom itu, anda harus menuliskan angka validasi yang tercantum di situ. Selanjutnya, click check dan perincian pembayaran Anda akan ada pada monitor.

Perincian ini mencakup pembayaran yang sudah dijalankan dan tagihan yang belum dibayar. Pasti langkah memeriksa tagihan BPJS Kesehatan ini pas untuk Anda yang terlatih di depan layar monitor.

B. Cara Memeriksa Tagihan BPJS Kesehatan Lewat SMS

Disamping lewat web, ada satu langkah memeriksa tagihan BPJS Kesehatan yakni melalui SMS. Langkah memeriksa tagihan BPJS Kesehatan lewat SMS ini pasti mempermudah Anda dan pemakai bpjs yang lain yang tidak atau jarang-jarang memakai layanan internet dalam sehari-harinya.

Langkah memeriksa tagihan BPJS Kesehatan ini bisa diakses lewat nomor 08777-5500-400. Untuk membuka info tentang data personal peserta dan layanan kesehatan yang terdaftar bisa dijalankan berdasar pada Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA), atau Nomor Induk Pegawai (NIP) lewat pengiriman pesan dengan pola :


NIK NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN

Contoh : NIK 3534346346

Kirim ke : 087775500400


NOKA NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN

Contoh : NOKA 0006234623764

Kirim ke : 087775500400


NIP NOMOR INDUK PEGAWAI

Contoh : NIP 1962061574585889

Kirim ke : 087775500400


Dan untuk tagihan iuran bisa dijalankan lewat pengiriman pesan dengan pola:

TAGIHAN NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN

Contoh : TAGIHAN 0001260979209

Kirim ke : 087775500400


Untuk mengenali format penulisan pesan pada service SMS BPJS Kesehatan, cukup hanya menuliskan HELP lalu dikirimkan ke nomor 08777-5500-400. Jika ada info yang keluar disamping dari nomor itu, BPJS Kesehatan tidak bertanggungjawab.

C. Langkah Memeriksa Tagihan BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi JKN

Ada keringanan yang lain bila ingin memeriksa tagihan BPJS Kesehatan yakni melalui aplikasi yang namanya JKN. Tentu saja, Anda harus mendownload aplikasi mobile JKN lebih dahulu di playstore jika pemakai android dan appstore jika pemakai apple.

Langkah memeriksa tagihan BPJS Kesehatan melalui aplikasi JKN yakni pertama masuk ke account mobile JKN terlebih dahulu. Bila belum mempunyai account maka register dahulu untuk membuat account.

Jika sudah sukses, langkah memeriksa tagihan BPJS yakni log in lalu click menu Premi. Selanjutnya, perincian tagihan BPJS yang harus dibayar akan ada pada monitor handphone anda.

D. Langkah Memeriksa Tagihan BPJS Kesehatan Lewat Partner Perbankan

Langkah memeriksa tagihan bpjs kesehatan bisa juga lewat partner perbankan BPJS Kesehatan yakni bank BRI, BNI, dan Mandiri. Anda bisa memeriksa sekalian bayar tagihan lewat ATM.

Bila Anda diperjalanan dan mendapati atm paling dekat, pasti langkah memeriksa tagihan BPJS Kesehatan jadi hal yang mudah dilakukan.

Langkah memeriksa tagihan BPJS Kesehatan lewat partner perbankan yakni:

  • Masukan kartu ATM ke mesin dan pencet tombol PIN sekitar 6 digit
  • Pilih menu "Transaksi Lain", selanjutnya click menu "Pembayaran" dan lanjutkan pilih "Lainnya"
  • Pilih "BPJS" dan click menu "BPJS Kesehatan"
  • Kemudian, input nomor peserta BPJS Kesehatan atau nomor virtual akun yang diberi saat melakukan register account
  • Validasi dengan pilih menu "Benar" dan melakukan verifikasi pembayaran bila besaran iuran yang tercantum pada mesin ATM betul dengan pilih menu "Ya"

Tidak hanya memeriksa besaran tagihan, pengguna dapat memakai ATM sebagai media pembayaran iuran BPJS/bulannya.

E. Langkah Memeriksa Tagihan BPJS Kesehatan Lewat Kanal Lain

Anda bisa juga mendapatkan info tentang jumlah tagihan iuran bpjs dengan datang langsung ke kantor bpjs atau lewat call-center BPJS di nomor telephone 1500 400.

Disamping itu, langkah memeriksa tagihan BPJS Kesehatan bisa juga memakai service jemput bola BPJS Kesehatan yakni mobile customer service, di mall servis publik di sejumlah daerah tertentu.

F. Langkah Memeriksa Tagihan BPJS Kesehatan Lewat Chika dan Pandawa

BPJS Kesehatan terus berusaha untuk meningkatkan servis dan kepuasan peserta di waktu pandemi, salah satunya lewat servis non tatap muka yang manfaatkan media online seperti Whatsapp, Telegram dan Facebook.

Servis non tatap muka yang sekarang ini dapat dijangkau oleh Anda yakni CHIKA dan PANDAWA, lewat dua service ini peserta dapat memperoleh info tentang kepesertaan dan mendapatkan servis administrasi.

CHIKA sebagai servis info lewat percakapan (chatting) yang bakal ditanggapi oleh Artificial Intelligence. Melalui CHIKA, Anda bisa mendapat info kepesertaan dan tagihan iuran, proses registrasi peserta program JKN-KIS, dan peralihan data peserta JKN-KIS.

Sementara PANDAWA ialah Servis Administrasi lewat Whatsapp sebagai pengembangan yang dibentuk semenjak Oktober 2020, yaitu Sebagai informasi, PANDAWA sudah diuji-coba pada Juni 2020. Service ini resmi bekerja pada Juli 2020 dan jalan hingga saat ini.

Untuk Anda yang ingin memperoleh servis administrasi lewat PANDAWA, peserta dapat memperoleh servis PANDAWA lewat CHIKA, dengan jalur seperti berikut:

  • Anda bisa membuka Service CHIKA lewat Chatting Whatsapp ke nomor 08118750400, Facebook Massenger BPJS Kesehatan, atau lewat Telegram di https://t.me/BPJSKes_bot
  • Sesudah CHIKA memberi respon, CHIKA akan memperlihatkan tipe servis CHIKA dan Anda bisa memutuskan tipe pelayanan administrasi
  • Selanjutnya CHIKA akan memperlihatkan Tipe Service PANDAWA dan peserta bisa pilih 1 tipe pelayanan
  • Sesudah pilih 1 tipe pelayanan yang diperlukan, setelah itu peserta memilih domisili propinsi dan kantor cabang sesuai rumah peserta
  • Langkah terakhir, CHIKA akan memberi form laporan yang harus di isi oleh peserta dan mengirim form laporan ke nomor Whatsapp Kantor Cabang sesuai daerah wilayah peserta tinggal (No Whatsapp sesuai info yang diberi CHIKA).

Anda akan di kontak oleh Petugas Admin PANDAWA Kantor Cabang untuk membantu proses administrasi sesuai keperluan peserta. Informasi lebih lanjut hubungi Care Center BPJS Kesehatan 1500 400.

Sebagai informasi tidak ada denda ketertinggalan pembayaran iuran terhitung mulai dari 1 Juli 2016. Denda dikenai jika dalam kurun waktu 45 (empat puluh lima) hari semenjak status kepesertaan diaktifkan kembali, peserta yang terkait mendapat pelayanan kesehatan rawat inap.

Berdasar pada Perpres No. 64 Tahun 2020, besaran denda pelayanan sejumlah 5% dari cost diagnosis awalnya pelayanan kesehatan rawat inap dikalikan dalam jumlah bulan tertunggak dengan ketetapan seperti jumlah bulan tertunggak terbanyak 12 bulan, besaran denda tertinggi Rp30.000.000,00 (tiga puluh juta rupiah) dan untuk peserta dengan kelompok karyawan yang menerima gaji pembayaran denda pelayanan dijamin oleh pemberi kerja.

Itulah beberapa langkah bagaimana Cara Mengecek Tagihan Bpjs, semoga bermanfaat.

Sumber: https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/

Post a Comment for "Cara Mengecek Tagihan Bpjs"