Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Bpjs Gratis Di Puskesmas

Berikut Langkah Membuat Bpjs Gratis Di Puskesmas

Peserta BPJS kesehatan gratis sebagai peserta bpjs yang memperoleh kontribusi bantuan dari pemerintahan, peserta bpjs ini disebutkan sebagai peserta bpjs PBI (yang menerima kontribusi iuran) yang diutamakan untuk warga yang termasuk masyarakat miskin dan kurang mampu.

Peserta tipe ini ialah peserta bpjs yang cuman memiliki hak untuk ambil kelas 3 yang cuman dapat lakukan penyembuhan di puskesmas dusun atau kecamatan. Serta peserta bpjs tipe ini tidak mempunyai kewajiban untuk bayar iuran bulanan, karena iuran bulanannya telah dibayar oleh pemerintahan.

Orang yang memiliki hak untuk memperoleh kepesertaan bpjs PBI ialah masyarakat miskin dan kurang mampu atas referensi dari dinas sosial setempat lewat legitimasi kementrian sosial dan tenaga kerja.

Masyarakat miskin dan kurang mampu yang telah terdata di dinas sosial, baik yang awalnya ialah pemegang kartu Jamkesmas atau Jamkesda secara automatis akan dialihken jadi peserta BPJS PBI di mana kartu KIS untuk identitas kepesertaan akan dialokasikan langsung ke dusun atau kelurahan-kelurahan yang ada.

Kepesertaan PBI akan diupdate tiap enam bulan sekali, di mana peserta yang telah wafat, peserta yang telah bekerja dan peserta yang telah dipandang sanggup secara ekonomi akan dicontreng dari data rekonsiliasi, hingga kepesertaan mereka akan tidak diaktifkan dan harus berpindah jadi peserta bpjs kesehatan berdikari atau PPU.

Meskipun kepesertaan BPJS PBI ditujukan untuk masyarakat miskin dan kurang mampu, tetapi pada realitanya di atas lapangan, banyak masyarakat miskin dan kurang mampu belum terjaring semua, hingga mereka banyak yang tidak mempunyai kartu KIS bpjs PBI.

Untuk masyarakat miskin dan kurang mampu yang ketepatan belum tardaftar sebagai peserta BPJS gratis dari pemerintahan dan belum mempunyai kartu BPJS PBI / KIS, sebetulnya dapat ajukan registrasi sendiri dengan persyaratan yang telah ditetapkan.

Langkah Daftar BPJS Untuk Masyarakat Kurang Mampu

Ada banyak cara yang perlu anda kerjakan agar bisa daftarkan diri sebagai yang menerima kontribusi iuran dari program BPJS.

Tentu saja, yang paling penting anda harus mempersiapkan persyaratannya. Berikut sejumlah persyaratan untuk daftar yang penerima iuran BPJS untuk masyarakat kurang mampu.

Persyaratan Daftar BPJS untuk Masyarakat Kurang Mampu

  1. Anda harus mempersiapkan photo copy KTP dan photo copy kartu keluarga
  2. Anda harus mempunyai surat keterangan tidak mampu ( SKTM ). Surat ini bisa anda urus lewat kelurahan tempat anda tinggal
  3. Pas photo 3 x 4 sejumlah dua lembar. (Selalu persiapkan lebih, supaya gampang bila ada peralihan persyaratan)
  4. Terakhir, anda harus mempunyai surat referensi dari puskesmas di tempat. Anda bisa mengurusnya lewat puskesmas paling dekat

Sesudah anda menyiapkan persyaratan dengan lengkap anda dapat meneruskan ke tahap selanjutnya. Yakni, beberapa langkah registrasi BPJS untuk masyarakat kurang mampu.

Beberapa langkah Registrasi BPJS PBI

  1. Untuk mengurusi surat keterangan tidak mampu anda harus minta surat referensi dari RT/RW di tempat
  2. Selanjutnya, anda dapat datang ke lurah di tempat dengan membawa surat referensi itu. Dan mengurusi surat keterangan tidak mampu
  3. Setelah itu, anda dapat ke puskesmas setempat. untuk mengurusi surat referensi pembuatan BPJS PBI
  4. Terakhir, anda dapat membawa semua syarat itu ke kantor BPJS paling dekat

Sekian artikel mengenai Cara Membuat Bpjs Gratis Di Puskesmas semoga bermanfaat. Untuk seorang peserta PBI baru atau pengganti, akan memperoleh kartu sehat (KIS) oleh pihak BPJS kesehatan. Kartu ini bisa anda pakai jika harus memerlukan pelayanan kesehatan, dengan memberikan kartu ini, KTP electronic, dan KK.

Post a Comment for "Cara Membuat Bpjs Gratis Di Puskesmas"