Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Pekerjaan Freelance Dan Contohnya

Pada era pandemi saat ini, banyak orang yang terkena PHK dan kemungkinan ada juga sebagian orang yang kebingungan ingin bekerja di mana sebagai pengganti pekerjaan yang dahulu.

Untuk beberapa karyawan, Pemerintahan sudah menyarankan untuk WFH "Work From Home" namun tidak seluruhnya profesi dapat bekerja dari rumah seumpama saja ojol, bagaimana seorang ojol harus kerja di rumah?

Keputusan pemerintahan untuk WFH sebenarnya tidak semua menguntungkan bagi para pekerja, bagaimanakah cara mengakalinya?

Pada zaman yang serba tehnologi ini sebetulnya sudah banyak pekerjaan yang dapat ditangani dari rumah dan pekerjaan itu dapat dikenali dengan nama "Freelance" atau sebagai karyawan terlepas.

Menjadi Freelancer harus juga mempunyai ketrampilan tertentu karena tidak sembarangan orang dapat menjadi Freelancer tanpa ketrampilan dan pengalaman pada suatu pekerjaan.

Mengetahui Pekerjaan Freelance

Freelance atau tenaga lepas ialah seorang yang bekerja sendiri, tidak terikat jam kerja dan umumnya mempunyai ketrampilan tertentu.

Bila dahulu freelancer di anggap remeh, bersamaan dengan perubahan tehnologi sekarang ini pekerjaan sebagai freelance ini mulai mendapatkan pengakuan dan banyak orang-orang yang pindah karier jadi karyawan lepas ini.

Meskipun bekerja dengan lepas, seorang freelancer tidak terikat janji jangka panjang dan tidak disebut sebagai karyawan, seorang freelancer dan pengangguran itu sangatlah berbeda.

Freelancer diberi tugas dari satu client dan dibayarkan bila kerjaannya telah selesai dan tentu saja dengan persyaratan yang telah ditetapkan oleh client pada awal mulanya, sedangkan pengangguran itu benar bener free dan tidak bekerja.

Mengulas sedikit mengenai penghasilan, upah yang diberi untuk karyawan dan freelance itu tidak sama. Seorang pegawai umumnya mendapatkan upah yang serupa dan masih tetap tiap bulannya dan itu juga di luar dari bonus dan uang lemburnya, tapi untuk freelancer tidak memiliki upah yang tetap dan condong berubah ubah, bisa saja naik dan bisa juga turun.

A. Contoh Pekerjaan Freelance

Anda bisa juga memanfaatkan hoby untuk mencari uang, karena pekerjaan yang menyenangkan itu ialah hoby yang dibayar dan menghasilkan.

Ada banyak karier sebagai seorang freelance, bila anda memiliki hoby menulis anda dapat menjadi seorang penulis lepas atau mungkin jadi seorang blogger atau bisa juga menjual beberapa kreasi tulisan atau jasa di media seperti fiverr, sribulancer, project.co.id, dll.

Masih ada banyak lagi pekerjaan freelance lainnya simak artikel berikut : Pekerjaan Freelance Yang Wajib Dicoba

B. Kelebihan Pekerjaan Freelance

  • Jadwal kerja yang fleksibel, anda bisa pilih jam mana untuk bekerja dan bisa atur agenda Anda sendiri supaya sesuai loyalitas lain.
  • Sebagai freelancer Anda bisa memutuskan project yang akan anda ambil untuk dikerjakan dan tak terbatas pada pasar atau bidang tertentu.

C. Kekurangan Pekerjaan Freelance

  • Pekerjaan seorang freelancer itu tidak stabil, karena tugas freelance tergantung pada jangkauan client yang cukup. Banyak freelancer yang mempunyai kestabilan keuangan yang lebih rendah dan jaminan kerja masa depan yang semakin sedikit dibanding karyawan.
  • Banyak beberapa perusahaan yang menawarkan manfaat untuk karyawan mereka, seperti asuransi atau program pensiun. Sebagai pekerja lepas akan bertanggungjawab atas tunjangan dan keuntungan mereka sendiri.

Demikian artikel mengenai Apa Itu Pekerjaan Freelance, anda dapat memanfaatkan situs freelance terbaik dan terpercaya seperti, Fiverr.com, Sribulancer.com, Freelancer.com, dll, yang exis sampai saat ini. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Apa Itu Pekerjaan Freelance Dan Contohnya"