Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Administrasi Dan Management Kesehatan

Pengertian Administrasi Dan Management Kesehatan

Administrasi bisa diartikan sebagai keseluruhnya proses kerja sama di antara 2 orang ataupun lebih yang didasari atas rasionalitas tertentu dalam rencana perolehan arah yang sudah ditetapkan awalnya dengan menggunakan fasilitas dan prasarana tersendiri.

Administrasi kesehatan ialah suatu proses yang menyangkut perencanaan, koordinasi, pembimbingan, pemantauan, pengkordinasian dan penilaian pada sumber, tata cara dan kesanggupan yang ada untuk memenuhi keperluan dan tuntutan pada kesehatan, perawatan kedokteran dan lingkungan yang sehat dengan jalan menyiapkan dan mengadakan bermacam usaha kesehatan yang diperuntukkan kepada perseorangan, kelompok dan ataupun masyarakat.

Ruang Lingkup 

Ruang lingkup Administrasi Kesehatan meliputi:
  1. Mencakup semua peranan administrasi yakni: rencana, koordinasi, penerapan, penganggaran, pemantauan, evaluasi, penilaian, dan lain-lain.
  2. Mencakup semua layanan kesehatan, berdasar sifatnya promotif/peningkatan kesehatan, protektif/kesehatan penjagaan, kuratif/penyembuhan, rehabilitatif/pemulihan kesehatan).
  3. Berdasarkan bentuknya pelayanan perorangan, pelayanan kesehatan warga dengan target ialah personal, keluarga, kelompok dan masyarakat.

Pengertian Management

Management terkait dengan perolehan sesuatu arah yang dilaksanakan melalui dan dengan orang-orang lain (H. Koontz dan O'Donnel).

Management ialah satu proses yang membeda-bedakan atas rencana, koordinasi, penggerakan, penerapan dan pemantauan, dengan memanfaatkan baik pengetahuan atau seni, agar menuntaskan maksud yang sudah diputuskan sebelumnya (George R. Terry).

Management sebagai seni dalam menuntaskan pekerjaan lewat seseorang (Mary P. Follett).

Management ialah proses rencana, koordinasi, pembimbingan dan pemantauan usaha-usaha para anggota organisasi dan pemakaian sumber daya-sumber daya organisasi yang lain supaya menggapai arah yang sudah diputuskan (James A.F. Stoner).

Kata Kunci

  • Proses yang merupakan aktivitas yang diagendakan
  • Fungsi management
  • Melalui Aktivitas tersebut
  • Sumberdaya Organisasi

Pemahaman Management

  • Manajemen sebagai suatu mekanisme
  • Manajemen sebagai suatu proses
  • Manajemen sebagai suatu pengetahuan implementasi
  • Manajemen sebagai kerja sama sekumpulan orang untuk mencapai tujuan organisasi
  • Manajemen dilihat dari faktor tingkah laku manusia
  • Manajemen sebagai proses penyelesaian permasalahan
  • Manajemen sebagai profesi

Alasan mendasar management diperlukan

  • Untuk menggapai tujuan organisasi
  • Untuk mengontrol keselarasan antara tujuan-tujuan yang saling berlawanan
  • Untuk menggapai efisiensi dan efektifitas
  • Efisien: kapabilitas menuntaskan pekerjaan secara benar
  • Efektif: kapabilitas memutuskan arah dan perlengkapan yang tepat

Management Puskesmas

  • P1 Perencanaan Puskesmas Microplanning 5 tahunan
  • P2 Penggerakan dan Penerapan
  • Lokakarya mini, penggalahan time atau lintas sektoral
  • Dilaksanakan dapat 1 bulanan, 3 bulanan P3 Pemantauan, Pengaturan dan Penilaian Menilai prestasi Puskesmas - Stratfikasi

Perencanaan (Planning)

Kegiatan menentukan arah organisasi dan memutuskan langkah yang terbaik untuk mencapai tujuan tersebut. Pengambilan Keputusan (bagian dari perencanaan).

Manfaat 

  • Mengarahkan aktivitas organisasi mencakup pemakaian sumberdaya dan pemakaiannya untuk mencapai tujuan organisasi
  • Memantapkan stabilitas aktivitas anggota organisasi
  • Memonitor perkembangan organisasi

Koordinasi (Organizing dan Staffing)

  • Kegiatan mengkoordinir sumberdaya, pekerjaan, dan kewenangan antara anggota organisasi supaya arah organisasi bisa diraih dengan cara yang efektif dan efisien.
  • Organizational Design
  • Kegiatan menyesuaikan susunan organisasi dengan tujuan dan sumberdaya organisasi

Pengarahan (Leading)

Aktivitas memberikan pengarahan (directing), memengaruhi seseorang (influencing) dan memotivasi orang tersebut untuk bekerja (motivating).

Pengarahan adalah aktivitas paling menantang karena behadapan dengan manusia.

Cakupan Management Kesehatan

  • Bekerja dengan orang lain, atau pendekatan team kesehatan
  • Tim dan masyarakat
  • Memimpin Team
  • Mengorganisasikan rutinitas team
  • Mengawasi dan menilai pekerjaan team
  • Mengelola sumber daya
  • Peralatan
  • Obat
  • Uang
  • Waktu
  • Ruang
  • Administrasi
  • Mengelola Pelayanan kesehatan
  • Merencanakan aktivitas kesehatan
  • Menerapkan aktivitas kesehatan
  • Mengevaluasi aktivitas kesehatan
(P1 Perencanaan, P2 Penggerakan Pelaksanaan, P3 Pengarahan, Pengendalian, Penilaian)

Post a Comment for "Administrasi Dan Management Kesehatan"