Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pekerjaan Yang Bisa Dikerjakan Dari Rumah

Work From Home

Bagi kamu yang sedang mencari sumber pendapatan tambahan di bawah ini pekerjaan yang bisa di kerjakan dari rumah yang dapat menjadi sumber pemasukan tambahan, kemungkinan gajinya tidak sebesar upah kamu pada saat pekerjaan awal, tetapi cukup untuk dijadikan pemasukan tambahan atau bahkan bisa lebih besar jika kamu konsisten mengerjakannya.

Work From Home

Digital Marketing

Jika kamu suka memakai sosial media tidak ada salahnya menggunakan media sosial yang kamu punya menjadi alat marketing digital. 

Sekarang ini banyak UMKM kecil sampai menengah yang memerlukan digital marketing, baik selaku admin account media sosial perusahaan, media sosial ahli, atau riset digital pemasaran.

Penulis Lepas

Akhir-akhir ini situs pekerjaan freelance memerlukan banyak penulis lepas jika kamu mempunyai basic menulis, pekerjaan ini pantas dicoba.

Beberapa macam pekerjaan selaku penulis yang biasa ditawarkan diantaranya konten writing, script writing, atau bahkan ulasan. Umumnya kamu akan disuruh memberi contoh tulisan untuk melihat kapabilitas atau seberapa expertnya kamu dalam menulis.

Dengan mengandalkan netbook dan akses internet kamu bahkan juga tidak membutuhkan modal yang banyak untuk menjalankan pekerjaan ini.

Copywriter

Apa bedanya content writing dan copywriting? Menurut Search Engine Journal, secara singkat copywriter menghasilkan tulisan-tulisan yang fokus pada marketing. 

Sesaat konten writer bekerja membuat tulisan yang tujuan akhirnya ialah engagement dan branding. Di tengah-tengah perkembangan e-commerce, copywriter jelas karier yang banyak diperlukan.

Editor

Jika kamu mempunyai hobi dan ketrampilan selaku editor, karier ini bisa juga jadi pilihan di jaman yang serba teknologi sekarang ini. Tetapi umumnya peluang kerja selaku editor memerlukan kwalifikasi di bagian kepenulisan.

Graphic Designer

Pada zaman digital, design content adalah point utama untuk memikat pembaca dan pemirsa. Content ialah raja, oleh karena itu beberapa orang yang mempunyai kapabilitas dan design memiliki semakin banyak peluang untuk memperoleh pekerjaan freelance ini.

Konselor Usaha

Jika kamu pernah ada di tingkat managerial atau mempunyai kwalifikasi di manajemen usaha, tidak ada salahnya mencoba karier selaku konselor usaha. 

Konselor usaha bekerja menyiapkan taktik peningkatan usaha untuk perusahaan atau korporasi. Seorang konselor usaha diharapkan agar bisa memberi jalan keluar atas beberapa masalah yang terkait dengan keberlangsungan usaha.

Voice Over

Punya suara yang berkarakter atau pernah mengambil pelatihan selaku MC? 

Sekarang ini industri advertensi memerlukan banyak voice over yang bertalenta untuk iklan, jadi manfaatkan suara bagus kamu untuk dijadikan sumber pemasukan tambahan.

Spesialis SEO

Optimisasi SEO adalah poin utama dalam pengerjaan content supaya ramah mesin penelusuran. Oleh karena itu kehadiran selaku spesialis SEO berperanan sangat besar untuk konten writing.

Video Editor

Vlog sekarang sudah menggeser reputasi sebuah website. Jika kamu memiliki pengalaman dengan video editing, coba mencari lowongan selaku video editor di beberapa situs freelancer. Banyak vlogger yang memerlukan layanan ini. Begitupun saluran travel dan kulineran.

Mengajar Online

Program online menjadi langkah baru untuk belajar bagi para siswa. Harganya juga cukup terjangkau dibandingkan dengan pelatihan atau les private. Oleh karena itu, jika kamu mempunyai skill mengajar yang baik mengajarkan secara online sekarang banyak diperlukan.

Penerjemah

Tidak boleh menyia-nyiakan potensi kamu dalam berbahasa asing sekarang kamu bisa memakainya untuk memperoleh pendapatan tambahan. 

Kamu bisa menerjemahkan literatur, jurnal ilmiah, dokumen, sampai gambaran produk import. 

Daya tawarmu akan semakin tinggi lagi jika kamu bisa menerjemahkan bahasa asing non-Inggris. Misal bahasa Mandarin, Jepang, Prancis, dan Jerman yang akhir-akhir ini banyak dicari.

Untuk langkah kerjanya sendiri kamu perlu minta client untuk mengirim file yang mau diterjemahkan.

Dengan membuka layanan translator ini, kamu tidak hanya memperoleh pendapatan tambahan namun bisa juga meningkatkan kababilitas bahasa asing yang kamu miliki. 

Mengikuti Program Afiliasi

Program Afiliasi yaitu program yang memungkinkannya kamu untuk memperoleh komisi bila kamu berhasil membuat seseorang membeli suatu produk. 

Jumlah dari komisi yang akan kamu peroleh berbeda-beda tergantung dari kebijaksanaan perusahaan yang kamu ikuti. 

Misalkan, Amazon yang menawarkan komisi sampai 10%, sementara Niagahoster memberi komisi 70% untuk Anda.

Ada banyak program afiliasi yang bisa kamu ikuti seperti program afilisi shopee, lazada, tokopedia dll.

Mengisi Survey Online

Bersamaan dengan mengembangnya technologi dan pemanfaatan internet di seluruh penjuru dunia, ada bermacam trik untuk memperoleh pemasukan tambahan tanpa perlu melakukan pekerjaan formal. 

Saat ini, cukup dengan duduk di depan notebook di kamar kamu bisa menghasilkan uang.

Satu diantara berbagai pilihan yang ada yakni adalah dengan mengisi survey online kamu bisa di bayar untuk itu. 

Sekarang ini sudah banyak situs survey berbayar online yang menyiapkan bayaran untuk beberapa pengisi survey (responden) dan bayaran yang diterima rata-rata berupa dollar yang didistribusikan lewat PayPal.

Vlogger

Tiap orang mempunyai argumen yang tidak sama untuk mengawali membuat vlog. Kemungkinan beberapa dari mereka cuman ingin sebatas share aktivitas, tetapi ada pula yang serius mengelolanya dengan impian supaya dapat menghasilkan uang dengan menjual space iklan. 

Tidaklah aneh bila sekarang banyak ditemui vlogger yang berhasil mengantongi keuntungan dari videonya kamu juga bisa menjadi seperti mereka.

Data Entry Online

Pekerjaan data entry tidak perlu kemampuan yang detil sebab kerjanya hanyalah memasukkan data secara online. 

Dalam satu hari data yang dimasukkan dapat beberapa puluh sampai beberapa ratus, bergantung peraturannya. 

Pekerjaan ini sudah pasti dapat dilakukan dari rumah, hanya bermodalkan netbook dan koneksi internet saja.

Web Developer

Pekerjaan web developer adalah pekerjaan yang permohonannya lumayan banyak sekarang ini, sebab banyak individu atau perusahaan memerlukan web untuk kepentingan branding

Sebuah web itu perlu perawatan dan penataan web supaya terus terupdate. Orang yang mempunyai kemampuan web developer mempunyai kesempatan besar dan tentunya dapat dilakukan di rumah.

Programmer

Pekerjaan programmer juga bisa dilakukan dari rumah. Seorang programmer berpeluang sangat besar saat ini dan imbalannya juga besar.

Akan tetapi pesaingnya juga banyak jadi kamu harus bisa mencari client yang mau merekrut kamu.

Kamu bisa mencoba mendaftar di situs freelancer seperti, fiverr, sribulancer dan lain sebagainya dan buat portofolio semenarik mungkin untuk memikat calon pelanggan.

Call Center

Pekerjaan call center tidak selalu harus di kantor beberapa ada yang bisa ditangani secara virtual dari mana saja walau sudah pasti perlu lokasi yang aman untuk melakukan pekerjaan ini.

Reseller

Pekerjaan selaku reseller ini kamu hanya perlu menjual kembali produk yang sudah kamu beli dari vendor dengan menambah selisih keuntungan di tiap produknya. 

Kamu bisa meminimalkan modal yang dikeluarkan dengan mengajukan pembayaran secara tempo/bayar dibelakang.

Teknik mencari vendor yang bagus itu bisa melalui web resmi atau mencarinya di marketplace yang mempunyai harga terjangkau dengan peringkat yang baik. 

Kamu bisa coba mengontak langsung untuk mendaftarkan jadi agen reseller dan tanya mekanismenya bagaimana.

Dropshipper

Dropshiper? mungkin ada yang berpikiran apa sih bedanya dengan reseller? 

Jika reseller kamu perlu beli produknya terlebih dahulu baru selanjutnya dipasarkan kembali dengan mengambil keuntungan. 

Berbeda dengan dropshipper yang tidak perlu membeli produk, kamu cukup menawarkan produk lewat media sosial, web, atau langsung ke teman.

Nah saat nanti ada konsumen kamu tinggal mengontak vendor untuk mengirim barang ke pembeli dengan harga yang sudah kamu tentukan.

Keunggulan dari dropshipper ini ialah minimnya risiko tapi dari sisi margin keuntungan tidak sebesar menjadi reseller. 

Blogger

Pernah dengar jika menjadi blogger dapat menghasilkan uang banyak bahkan juga sampai beberapa ratus juta rupiah perbulan? Modalnya cuman netbook, koneksi internet dan mempunyai hosting saja? 

Jika kamu sekarang ini belum mempunyai service hosting kamu bisa mencobanya di niagahoster, harga murah mutunya oke, karena saya juga beli disana.

Kamu bisa melakukan monetisasi yang paling diminati oleh para blogger dengan mendaftar program PPC dari Google AdSense

Selain Google AdSense kamu bisa juga menjual barang atau jasa melalui website yang sudah kamu buat.

Perlu diperhatikan untuk menjadi blogger dan sampai dengan bisa menghasilkan uang dari blog itu bukan perkara yang mudah.

Kamu perlu memahami teknik SEO dan teknik penulisan yang baik.

Youtuber

Siapa yang tidak kenal dengan Atta Halilintar?

Dia adalah seorang Youtuber dengan subscriber yang sangatlah banyak, bisa kamu lihat dari banyak pengikutnya pastilah penghasilan dari Youtubenya juga tidaklah sedikit, tidak perlu di bahas disinilah berapa penghasilannya hehe. 

Sekarang ini semua orang berlomba-lomba membuat channel Youtube dengan isi video dimulai dari vlog, panduan, hoby dan banyak yang lainnya juga. 

Pendapatan seorang Youtuber berawal dari monetisasi memakai Google AdSense, disamping itu ada pula dari endorsement dan sponsor produk langsung. 

Untuk dapat berkompetisi dengan video yang lain kamu perlu belajar mengenai SEO Youtube.

Penutup

Itulah pembahasan terkait pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah. Meskipun kerja dari rumah kamu harus bisa produktif bukan malas-malasan dan terus berusaha jangan putus asa. 

Jangan lupa klik share jika artikel ini dirasa bermanfaat dan selamat bekerja.