Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Jadi Penulis Lepas

Tips Jadi Penulis Lepas
Tips Jadi Penulis Lepas

Opsi yang terlintas dipikiran bisa saja bertukar karier jadi karyawan freelance khususnya penulis lepas freelance. Beberapa orang sepakat jika pekerjaan freelance memberikan banyak faedah. Terlebih bila Anda bertempat tinggal di Indonesia, dan ditambah lagi di kota metropolitan seperti Jakarta, karier freelance writer/penulis lepas memiliki nilai lebih fenomenal.

Anda tak perlu pusing memikirkan keadaan jalan raya yang macet, waktu perjalanan yang panjang, ongkos transportasi, teman kerja yang tidak cocok dan faktor lainnya yang membuat anda merasa risau. Waktu yang fleksibel memang jadi daya tarik khusus bagi karier freelance writer/penulis lepas.

Walau nampak membahagiakan dan benar-benar bebas, masih ada banyak hal yang penting diingat bila pada akhirnya Anda memilih untuk serius berkarier dibidang ini.

Berikut 14 Tips Jadi Penulis Lepas 

A. Selalu Pikirkan Pembaca

Saya yakin penulis yang bermutu harus pikirkan pembaca mereka. Untuk seorang penulis, pembaca ialah customer mereka. Anda harus pahami jika apa saja yang Anda catat akan dibaca oleh masyarakat luas. 

Sebaiknya bila seorang penulis masih konsisten memberi content yang mendidik, berguna, tidak bias, memberikan inspirasi dan memberikan imbas positif untuk kehidupan pembaca. 
Sebab tidak ada yang ingin membaca artikel dari sumber yang tidak netral dan tidak memberikan nilai lebih. 

Point selanjutnya ialah tentukan sasaran pembaca Anda. Terlebih bila Anda mengawali karier menulis dengan memakai website individu, sangat penting tentukan fragmen pasar. Ke siapakah Anda menulis?
Wanita atau Pria? Usia mereka? Okupasi mereka? Hoby mereka? Rutinitas mereka? keperluan mereka? Pikir point ini dan Anda dapat membuat artikel yang akan dicintai dan berguna untuk mereka. 

Sekarang ini ada beberapa tipe penulis. Ada sebagai penulis untuk situs usaha, keuangan dan yang lain. Ada pula yang menulis untuk novel dan menjualnya di percetakan.

B. Riset Konten 

Dalam membuat artikel, yakinkan Anda lakukan penelitian mencukupi saat sebelum kreasi Anda diterbitkan secara luas. Mengumpulkan data berkaitan dan bagi seluruh pengetahuan yang Anda punyai ke pembaca. 

Dalam karier menulis, kekuatan untuk lakukan penelitian, berlaku netral, memisah info secara pas dan tajam sangat penting. Ini paling penting di zaman saat ini, di mana info disiapkan secara luas dari bermacam sumber, adalah pekerjaan Anda sekaligus, beberapa penulis untuk punya sikap netral pada seluruh peristiwa di dunia dari tehnologi, kulineran, politik, travel, hiburan, pola hidup, keuangan, kesehatan, inovatif, usaha dan apapun itu. 

Yakinkan Anda mempertajam research kemampuan Anda secara baik dan memberi pengetahuan yang berguna dalam kreasi Anda.

Waktu Anda mengenali suatu hal, bagilah pengetahuan Anda ke yang lain. Dengan begitu, Anda sedang mendidik warga dan melakukan investasi ke sumber daya manusia yang luas, membuat angkatan muda yang lebih berwawasan. Semuanya pasti mau generasi penerus kita bertambah lebih baik dibanding angkatan awalnya. 

C. Buat Portfolio

Bila Anda mau membuat karier penulis lepas selaku pekerjaan khusus, tidaklah mustahil. Telah banyak perusahaan yang mencari penulis lepas untuk bekerja dengan mereka.

Dalam hasil penelusuran mesin pencari sendiri, bila Anda menulis kata kunci (keyword) "freelance writer atau penulis lepas" akan tampil hasil yang memberi situs peluang kerja untuk penulis lepas. 

Berarti, tak perlu takut kekurangan Job dan lowongan. Disamping itu, Anda bisa juga mengumpulkan hasil kreasi terhebat Anda dan membuat portfolio selaku penulis.

D. Meningkatkan Kapabilitas Menulis

Ini penting. Sebab yang dipasarkan ialah tulisan Anda, karena itu kapabilitas untuk menulis jadi point yang penting. Anda tidak diwajibkan menjadi super-duper pakar dalam EYD (Ejaan yang Disempurnakan) Bahasa Indonesia. Tetapi minimal Anda harus pahami landasan menulis yang bagus.

Penulis yang bagus akan menempatkan tanda baca di lokasi yang betul. Mereka memerhatikan kata yang pas dan memakai bahasa yang gampang dimengerti pembaca.

Disamping itu, content yang berkaitan dan pesan yang diberi harus jelas dan bermanfaat. Sekurang-kurangnya, tulisan itu harus dapat dimengerti dengan mudah oleh pembaca.

E. Mulailah Menulis

Jangan sampai takut untuk mulai menulis. Tulisan dan kreasi pertama benar-benar tidak selamanya berbuah cantik dan professional. Ini bukan permasalahan besar. Kita tetap belajar dan mempertajam kekuatan menulis bersamaan berjalanannya waktu. 

Salah satunya langkah paling cepat tingkatkan kekuatan menulis dengan lebih giat membaca artikel terbitan pengarang lain atau membaca buku dan majalah. Disana, kita dapat belajar berkenaan langkah menulis yang efektif sampai pengutaraan pesan dengan style yang berbeda. 

Selanjutnya, Anda akan mendapati style tulisan Anda sendiri yang unik – dan yakinlah bila Anda telah ada ditahap itu, menulis akan bertambah lebih gampang dan membahagiakan. 

F. Ikuti Komunitas

tidak semua orang bersemangat dengan lingkungan baru, asing dan terlalu ramai. Tetapi, untuk perubahan karier menulis, tidak ada kelirunya untuk biarkan diri Anda berperan serta dalam beberapa komunitas, sudah pasti komunitas penulis, pengarang, percetakan dan serupanya. 

Disitu, sudah dipastikan Anda akan mengenali orang baru yang lebih eksper, memiliki pemikiran atau inspirasi yang lain, dan ini berarti peluang networking yang luar biasa. 

Komunitas online Anda dapat ditemui dari forum-forum pembicaraan pada website perkumpulan penulis, baik itu penulis fiksi, biografi, politik, sains atau sampai pertunjukan! Biasanya, Anda perlu membuat account dan mengawali perbincangan dengan salah salah satu mereka!

Untuk komune off line, tidak boleh takut untuk berkunjung komunitas penulis yang telah berada di lingkungan dan wilayah seputar Anda. Di Indonesia sendiri, KPKers (Komunitas Penulis Kreatif) semakin dicari oleh penulis kreatif yang mau membentangkan sayap mereka di dunia literasi. 

G. Networking

Sama seperti yang telah diulas pada point awalnya, networking adalah peluang luar biasa yang jangan sampai Anda menyia-nyiakannya. Siapa tahu rupanya pada saat yang tidak diperhitungkan, Anda akan berjumpa dengan kenalan yang lagi cari pengarang untuk digunakan hasil kreasinya. 

Bila Anda mau melakukan networking secara optimal, tidak ada salahnya untuk mengikuti aktivitas seperti moment training kepenulisan. Anda bisa banyak belajar materi inovatif dari langkah membuat artikel, menulis scenario TV s/d mengarang novel.

H. Disiplin Waktu

Untuk freelance writer veteran, Anda barangkali dapat menikmati kebebasan waktu dalam bekerja sekaligus menyadari soal pembagian waktu yang efektif. Selalu konsisten dengan pembagian jam kerja Anda supaya tidak ada deadline menulis yang terlewat.

Anda tidak ingin membuat client sedih sebab terlambat mengirim artikel. Time schedule adalah teman dekat Anda. Berilah diri Anda waktu untuk memiliki rencana menulis di awal bulan hingga Anda bisa mengenali kapan saat pas untuk bekerja, pergi dan istirahat. 

I. Menanggulangi Kejenuhan

Tidak seluruhnya penulis merasakan kejenuhan. Bila mereka nikmati dan pahami tema yang akan diulas, kami rasa kebosanan tak kan muncul. Tetapi bagaimana bila kelak Anda pada akhirnya harus tetap bertemu dengan kejenuhan? 

Istirahat sesaat adalah opsi pas. Tak perlu terus menerus menulis dan memaksa diri. Anda dapat dengar musik sejenak, beli camilan sehat di warung, pergi berjalan di taman, berolah-raga, intinya refsesh pikiran anda sejenak.

Pada akhirnya manusia bukan robot, kita menghabiskan waktu untuk dapat pulih kembali lagi dan istirahat. Sesudah istirahat Anda dapat mengawali dengan semangat yang lebih baru dan berbeda. 

J. Cari Ide

Istirahat sesaat dan lakukan aktivitas lain seperti berolah-raga, yoga atau meditasi adalah opsi yang bagus untuk beri kesegaran pemikiran dan inspirasi alami. 

Bila keadaan benar-benar menekan dan Anda belum juga memiliki inspirasi dan ide, pilihan lain ialah minta saran dari famili atau dengan menonton film sampai memakai pengalaman pribadi Anda yang unik selaku contoh atau inspirasi yang mungkin bisa dijadikan bahan untuk membuat artikel. 

K. Kegigihan

Seperti umumnya karier, pekerjaan menulis tidak selamanya membahagiakan sama seperti yang beberapa orang pikirkan. Anda bisa merasakan penolakan terus-menerus saat sebelum dapat mengeluarkan buku pertama Anda yang cemerlang atau artikel online dengan trafik tinggi dan rank pertama di mesin pencari. Jadi teruslah berusaha selalu belajar dan yakinlah bahwa suatu saat pasti akan berhasil.

L. Terima Saran/Kritikan

Untuk tetap mengoreksi diri, kita harus berani terima pandangan dan saran dari pihak external. Ini ialah pembangun semangat yang spektakuler supaya kita menjadi penulis yang lebih mengetahui pembaca dan memberi bacaan bermutu. 

M. Kreativitas

Mengerjakan eksplorasi dalam tulisan tidaklah salah. Anda tak perlu jadi orang lain waktu menulis. Memakai kreativitas, pengalaman, pengetahuan personal merupakan hal yang berguna dan penting. Kadang kita tidak paham kalimat tidak disengaja yang mana rupanya jadi benar-benar punya pengaruh dan dicintai pembaca. 

N. Belajar SEO

Belajar SEO, freelance writer membutuhkan kemampuan ini untuk sukses dalam pekerjaan ini. Sekurang-kurangnya, anda harus kuasai content SEO.

Bila anda kuasai SEO, saya dapat pastikan jika banyak orang yang akan  memburu anda. Anda dapat pilih client anda. Bahkan juga menjadi konselor SEO yang dapat hasilkan juta-an sampai beberapa ratus juta-an rupiah.

Demikian ulasan tips jadi penulis lepas atau penulis freelance, semoga bermanfaat. 

Post a Comment for "Tips Jadi Penulis Lepas "