Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prospek Kerja Rekam Medis

Prospek Kerja Rekam Medis
Prospek Kerja Rekam Medis

Peluang Kerja Rekam Medis dan Informasi Kesehatan

Saat sebelum masuk lebih jauh sebaiknya kita perlu mengetahui dulu apakah yang dimaksud dengan Rekam medis dan bagaimana Prospek Kerja Rekam Medis untuk kedepannya. Rekam Medis merupakan dokumen yang didalamnya adalah catatan berkenaan dengan identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan dan catatan perlakuan klinis yang telah diberikan dari pihak medis terhadap pasien di berbagai institusi kesehatan.

Jadi, Pekerjaan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan adalah mengerjakan aktivitas yang mencakup pendataan, laporan, pengumpulan, registrasi, pengisian dan menelaah data berkaitan keperluan data untuk mendiagnosa maka dari itu pasien mendapatkan penanganan dan perawatan yang benar dari pihak medis.

Bagian penting dari pekerjaan ini yakni coding (pengkodean penyakit), di mana perekam medis membuat kode untuk diagnosis suatu penyakit atau tindakan pasien ke dalam Code ICD (International Classification of Diseases). Di perguruan tinggi implementasi program studi ini dikenali bernama Manajemen Informasi Kesehatan.

Ada Apa Dengan Jurusan Rekam Medis Ini?

Karier rekam medis menggenggam peranan penting. Supaya dokter, perawat dan tenaga medis yang lain bisa memberikan diagnosis dan perlakuan yang benar terhadap pasien. Dalam implikasinya dokter memerlukan riwayat kesehatan pasien yang lengkap, runtut, dan menyeluruh berbentuk rekam medis.

Apabila saat ini anda sedang menempuh pendidikan di jalur Rekam Medis dan mau memiliki karier yang sama dengan jurusan anda saat ini, tidak perlu khawatir lantaran Prospek Kerja Rekam Medis saat ini banyak diperlukan jasanya di banyak ragam lembaga kesehatan.

Sebab semenjak ada jaminan kesehatan dengan persyaratan claim ditetapkan dari code diagnosis dan tindakan dalam pelayanan yang diberikan kepada pasien, karier ini lantas banyak dicari lantaran banyak lembaga yang memerlukan jasanya untuk memenuhi persyaratan claim jaminan kesehatannya.

Beberapa instansi itu adalah rumah sakit negeri ataupun swasta, klinik, puskesmas, laboratorium, atau orang yang menjadi tenaga akademisi seperti dosen. Lalu berapakah bayaran yang diterima kalau menjadi orang yang profesinya menjadi yang membuat rekam medis?

Di lansir dari detik.com Apabila anda tinggal di Amerika dan punya karier menjadi rekam medis karena itu anda akan memperoleh upah sebesar US$32.350 atau kurang lebih 307,3 juta per tahunnya. Di Korea Selatan anda akan di gaji kurang lebih 1,2juta won untuk sebulan dan di Jepang akan memperoleh bayaran sejumlah 22.000 yen per bulannya.

Lantas bagaimanakah Prospek Kerja Rekam Medis untuk upah orang yang profesinya menjadi Perekam Medis di Indonesia? Di Indonesia sendiri Orang yang profesinya sesuai ini mereka memeliki upah umumnya 2juta hingga 5juta perbulan terkait dibagian mana anda bekerja.

Apa Yang Perlu Dilakukan Untuk Menjadi Perekam Medis

Apabila anda ingin Memiliki pekerjaan sebagai rekam medis yang diperlukan yakni pendidikan yang terkait dengan Rekam Medis itu sendiri. Sekarang ini pihak yang terkait di lembaga kesehatan sudah pasti para tenaga kesehatan seperti dokter maupun perawat, akan tetapi pekerja rekam medis juga punya peranan yang tidak kalah penting lantaran, dari hasil pekerjaan mereka dokter dan perawat bisa memberikan tindakan dan diagnosa yang tepat untuk pasien, bagi seorang dokter sangat penting memiliki riwayat kesehatan pasien yang lengkap, dan menyeluruh yang berbentuk suatu rekam medis.

Bagi anda yang memiliki kesenangan dalam mengarsip dan menganalisis berdasar pada data serta punya ketertarikan yang tinggi dalam sektor kesehatan, jadi Prospek Kerja Rekam Medis sangatlah sesuai untuk anda.

Mata Kuliah Jurusan Rekam Medis 

Apabila anda betul-betul tertarik dan sungguh-sungguh ingin jadi perekam medis, maka anda perlu kuliah dan mengambil jurusan yang sama dengan pekerjaan yang di minati. Berikut di bawah ini sebagian contoh beberapa mata kuliah yang ada di jurusan rekam medis:

  1. Konsep Rekam Medis
  2. Administrasi dan Manajemen Kesehatan
  3. Biomedik
  4. Terminologi Medis
  5. Ekonomi Kesehatan
  6. Kodifikasi Penyakit 
  7. Manajemen Pelayanan Kesehatan
  8. Etika Dan Hukum Kesehatan
  9. Rekam Medis Elektronik

Tanggung Jawab Profesi Rekam Medis 

Apabila anda merupakan alumnus jurusan rekam medis, maka Prospek Kerja Rekam Medis selaku perekam medis begitu pas untuk anda. pekerjaan dari karier ini yakni Membuat serta melindungi catatan medis milik pasien rumah sakit atau klinik memanfaatkan tehnis yang konsisten melalui prasyarat medis, administrasi, norma, hukum, dan ketetapan dari mekanisme kesehatan.

Perekam Medis bertanggung-jawab untuk menyampaikan data pasien, guna prasyarat dan standard kesehatan dan langkah yang konstan dengan metode code diagnosis penyakit, melindungi dan menjamin kerahasiaan rekam medis milik pasien agar tidak bocor pada orang yang salah serta mengecek catatan untuk memastikan kelengkapan, ketepatan, dan keselarasan dengan ketetapan yang sudah berlaku.

Pengetahuan Dasar Yang Harus Dimiliki Perekam Medis

Menjadi orang yang berprofesi sebagai Rekam Medis, pengetahuan apa yang sebaiknya dimiliki dan yang perlu di dalami? Silakan baca info di bawah ini, berikut sejumlah pengetahuan atau keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi perekam medis:

A. Administrasi dan Manajemen

Pengetahuan perihal administrasi dan manajemen begitu diperlukan dalam karier ini.dengan mendalami administrasi dan manajemen perencanaan strategis, peruntukan sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, metode kepemimpinan, sistem produksi, dan sinkronisasi di antara orang dan sumber daya bisa berjalan dengan baik.

B. Administratif

Mendalami perihal aturan atau sistem administratif, seperti mengelolah data, mengontrol arsip dan dokumen, transkripsi, membuat rancangan formulir, dan menyusun mekanisme kantor lainnya.

C. Pengetahuan Computer

Pengetahuan perihal bagian bagian computer amatlah penting perumpamaannya seperti processor, chip, perlengkapan elektronik, piranti keras dan lunak di computer dan aplikasi serta pemrograman, pengetahuan ini benar-benar di perlukan agar lebih mudah dalam memproses data pasien.

D. Keahlian Berbahasa Inggris

Pengetahuan perihal bahasa asing begitu di perlukan untuk seorang tenaga medis lantaran istilah-istilah klinik banyak memanfaatkan bahasa Inggris, jadi pengetahuan terhadapnya begitu diperlukan seperti susunan text dan isi dari bahasa Inggris, tergolong makna dan ejaan dari tiap-tiap kata, ketentuan tata bahasa dan susunan kata.

E. Pengetahuan Kedokteran

Pengetahuan melalui data dan tehnik yang penting di pakai untuk mendiagnosa dan mengobati cedera atau luka pada manusia, penyakit, dan kelainan lainnya terhitung gejala di dalam tubuh pasien, pengobatan alternatif, pembawaan dari obat serta interaksinya, setelah itu beberapa langkah kesehatan preventif. Pengetahuan itu semuanya diperlukan agar membantu dalam bekerja jikalau anda menjadi seorang perekam medis.

F. Anatomi Tubuh

Mendalami atau Mengetahui bentuk wajah, sisi-sisi anggota tubuh dan anatomi tubuh manusia.

Rekam Medis Adalah Pekerjaan Yang Nyantai?

Prospek Kerja Rekam Medis merupakan pekerjaan yang nyantai? apakah demikian? Rupanya orang yang profesinya menjadi rekam medis di negara Amerika dapat dikatakan menjadi karier yang paling enjoy. 

Dari data yang dilansir dari detik.com, pekerjaan menjadi perekam medis tidaklah sampai memberatkan jam tidur untuk pekerjanya, rata-rata mereka diberi waktu sendiri untuk menuntaskan pekerjaannya. Lantaran hampir serupa dengan karyawan laboratorium, dikarenakan perekam medis dibutuhkan kecermatan dan ketenangan maka dari itu pekerjaan tidak memungkinkan untuk terganggu oleh orang lain.

Peluang Pekerjaan Sebagai Perekam Medik 

Apabila anda masih merasa kuatir untuk mengambil jurusan rekam medik ini, berikut ada beberapa peluang kerja rekam medis atau prospect kerja rekam medis yang barangkali dapat meyakinkan anda.

A. Pakar Informasi Klinis

Opsi karier pertama kali yang dapat anda jalani sesudah tamat berkuliah di jalur rekam medis ialah jadi pakar informasi klinis. Anda mempunyai peluang untuk bekerja di instansi kesehatan baik puskesmas, rumah sakit, atau klinik. Sektor karier ini jelas benar-benar memerlukan orang dengan cakupan pengetahuan jalur rekam medis.

Status junior untuk sektor karier yang ini dapat memperoleh upah sesuai UMR atau kebijaksanaan tempat kerja. Anda bisa juga meniti karier sebagai senior pakar informasi klinis dengan periode kerja sekurang-kurangnya 4-5 tahun. Upah yang didapatkan dapat diawali dari angka Rp3.000.000,00.

B. Perekam Medis Muda

Bila anda baru-baru ini lulus dari jurusan rekam medis, jadi anda langsung bisa bekerja sebagai perekam medis muda. Karier ini adalah tugas perekam medis yang dengan status PNS tetapi masih untuk jenjang pemula. Walau pemula, anda mempunyai tingkatan profesi yang paling prospektif di sini.

Dengan status PNS, dapat disebutkan jika karier ini menawarkan tingkatan profesi yang mapan. Apa lagi bila anda bekerja di dalam rumah sakit atau sarana kesehatan yang mempunyai nama besar. Anda dapat mendapatkan upah dimulai dari angka Rp3.000.000,00.

C. Perekam Medis Madya

Bila anda telah mengawali karir sebagai perekam medis muda, karena itu anda dapat berlanjut ke tingkat ini. Anda dapat bekerja sebagai perekam medis madya. Tingkatan karier ini untuk perekam medis yang memutuskan berkarier sebagai PNS dengan upah sama sesuai golongan tertentu. Dari karier ini anda dapat mendapatkan upah dimulai dari angka Rp4.000.000,00.

D. Kepala Bagian Informasi Medis

Posisi fungsional paling tinggi dalam profesi rekam medis yang dengan status PNS ialah kepala bagian rekam medis. Status pekerjaan ini pasti memberikan anda pendapatan yang paling prospektif. Karier ini akan membuat status anda makin kuat pada sebuah sarana kesehatan tempat anda bekerja.

Periode kerja benar-benar punya pengaruh di dunia PNS di Indonesia dengan upah yang lumayan besar sama sesuai jabatan tertentu. Maka, bukanlah hal yang gampang untuk menggapai status ini. Anda kemungkinan harus mengawali dari sejak awalnya, tetapi upah yang dapat anda raih akan makin besar dapat sampai Rp7.000.000,00 atau lebih.

E. Pakar Rekam Medis

Anda bisa juga bekerja sebagai pakar rekam medis sesudah menuntaskan kuliah di jurusan rekam medis ini. Seorang pakar rekam medis mempunyai pekerjaan menulis kisah pengecekan sampai perawatan pasien di dalam rumah sakit atau klinik. Document rekam medis sangat penting hingga peran anda di sini pasti juga akan diperlukan.

Pihak dokter akan memberi penanganan ke pasien berdasar rekam medis yang telah anda buat. Maka, anda jangan bermain-main bila menggenggam status yang ini. Upah seorang rekam medis di dalam rumah sakit atau klinik sekitar di antara Rp4.000.000,00 sampai Rp8.000.000,00/bulan.

F. Pengamat Sistem Informasi Kesehatan

Opsi karier selanjutnya yang dapat anda jalani sesudah lulus jurusan rekam medis ialah jadi periset sistem informasi kesehatan. Anda dapat meningkatkan kapabilitas dan pemahaman yang dimiliki sepanjang kuliah atau bekerja di bagian rekam medis dengan menjadi seorang pengamat atau peneliti. Karier ini akan pas ditekuni oleh anda yang hoby mengerjakan analitis atau riset. 

Sebagai peneliti anda dapat memberi data atau kontributor pengetahuan di sektor informasi kesehatan dengan tehnologi terkini. Anda juga dapat bekerja dengan perusahaan atau instansi tertentu untuk menjadi periset. Dari karier ini, besar upah yang didapatkan benar-benar dipengaruhi oleh rasio project riset.

G. Menjadi Dosen

Lulus dari jurusan rekam medis, anda dapat memutuskan untuk bekerja sebagai dosen. Akan tetapi, anda harus meneruskan pendidikan dahulu ke tingkat master agar dapat mendapatkan peluang jadi dosen. Sebagai dosen, anda dapat mendapatkan upah yang lumayan dimulai dari angka Rp3.000.000,00.

H. Menjadi Penulis

Anda bisa juga memutuskan bekerja menjadi penulis. Anda bisa menulis mengenai pengembangan mekanisme informasi medis atau beberapa hal yang terkait dengan informasi kesehatan yang akurat sesuai bidang pengetahuan yang diambil. Dari karier ini, anda dapat mendapatkan upah yang besar sesuai kualitas tulisan yang anda buat.

Untuk bidang ini anda juga bisa menjadi penulis dengan memanfaatkan media online seperti blog untuk membuat karya tulis. Jika anda memustuskan menjadi seorang blogger upah yang anda dapat sangat bervariasi tergantung dari apa yang anda pilih untuk di jadikan sebagai sumber pendapatan.

Penutup

Itulah beberapa kesempatan atau prospect kerja rekam medis. Rupanya ada beberapa pilihan karier yang dapat anda jalani sesudah lulus kelak. Mudah-mudahan artikel ini dapat memberikan motivasi untuk anda dan membuat anda semakin yakin untuk berkuliah di jurusan rekam medis.

Post a Comment for "Prospek Kerja Rekam Medis "