Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Desain Grafis

Apa Itu Desain Grafis 

Desain grafis adalah aktivitas kreatif untuk membentuk kreasi yang fungsional dan estetis untuk beragam tipe media yang proses komunikasinya bukan hanya mengandalkan text, malahan condong semakin banyak memakai elemen visual. 

Dari sebagian orang kemungkinan masihlah ada yang belum memahami dengan kata desain grafis ini dan kemungkinan ada pula yang baru mengenalinya. 

Desain grafis atau rancang grafis adalah proses komunikasi lewat komponen visual, seperti tipografi, photografi, dan contoh, maksudnya untuk membuat pemahaman dalam satu pesan yang akan dikatakan. Dalam desain grafis ada komunikasi visual dan design komunikasi.

Sekarang ini industri desain grafis benar-benar berkembang sangat cepat, ini karena kita telah masuk zaman digital. Di mana segala hal yang kita kerjakan berpusat ke tehnologi. Oleh karenanya, segalanya dalam kehidupan kita terhitung perekenomian kita telah berpusat di dunia tehnologi.

Pemahaman desain grafis terus berkembang mengikut transisi periode, sebab sektor ini adalah sektor studi yang tercepat dalam menyesuaikan pada perubahan jaman. Tipe produk yang dibuatnya makin bervariasi, tidak terbatas pada media cetak saja.

Pengertian Desain dan Grafis

Desain grafis adalah suatu bentuk dari komunikasi visual yang menggunakan gambar selaku medium untuk mengemukakan pesan atau data seefektif mungkin.

Desain ialah sistem perancangan seni yang dilandasi dengan kreativitas, dan grafis ialah pengetahuan dari perancangan titik atau garis hingga bisa membuat satu gambar yang bisa memberi info dan terkait dengan proses pembuatannya.

Maka dari itu bisa kita ambil simpulan jika desain grafis ini adalah pengetahuan yang mengandalkan kreativitas untuk membuat suatu perancangan bentuk gambar dengan tujuan akhir selaku kebutuhan percetakan.

Beberapa pencipta design bisa mengombinasikan ikon, gambar, dan text untuk merepresentasikan ide dan pesan secara visual. Tehnik yang dipakai ialah memakai tehnik tipografi, seni rupa, dan tatanan letak halaman agar membuat susunan visual.

Desain Grafis menurut beberapa Pakar

A. Jessica Helfand

Desain grafis ialah kombinasi yang kompleks antar text dan gambar, angka dan grafik, photo dan ilustrasi yang memerlukan pemikiran khusus dari seorang yang dapat menyatukan komponen-komponen tersebut, sehingga bisa menciptakan suatu hal yang unik, benar-benar bermanfaat, mengejutkan atau subversif dan mudah dikenang.

B. Preble dan Sarah

Graphic Desain atau Desain Grafis ialah suatu makna penamaan yang merujuk pada latar dwimatra atau dua dimensi (2d) yang beragam baik format dan kompleksitasnya.

C. Warren

Desain Grafis ialah "Suatu terjemahan dari ide dan tempat ke dalam beberapa macam posisi sistematis dan visual".

D. Blanchard

Desain Grafis ialah suatu seni komunikatif yang terkait dengan industri, seni, dan proses dalam menciptakan gambaran visual pada semua permukaan.

Maksud dan Peranan Desain Grafis

Mendalami maksud dan peranan dari desain grafis dapat membawa wawasan kita pada pemahaman desain grafis dengan lebih bagus. 

Desain grafis sama dengan pemakaian piranti lunak pengolah grafis seperti Adobe Illustrator, Corel Draw dan Photoshop. Tetapi sebenarnya beberapa program itu hanya alat yang dipakai dalam mengerjakan proses perancangan.

Pekerjaan khusus seorang pendesain grafis ialah jadi pemecah permasalahan untuk keperluan komunikasi visual. Seorang pendesain grafis bukan hanya seorang yang sanggup memakai piranti lunak computer grafis. Seorang pendesain bukan hanya harus ahli dalam menggambar memanfaatkan pensil.

Hakekatnya seorang pendesain grafis ialah seorang perancang, pemrakarsa, dan penemu gagasan. Seorang pendesain grafis mempunyai tanggung jawab untuk mengganti komunikasi verbal jadi komunikasi visual supaya suatu pesan bisa diterima lebih gampang disertai seni dan pencitraan yang lebih bagus.

Seorang Pendesain grafis malah harus lebih mengerti mengenai bermacam pengetahuan basic yang bisa jadi referensi atas profesinya misalnya: beberapa unsur design, konsep design, seni, bahasa rupa, semiotika, dll. Pengetahuan-pengetahuan itu memiliki sifat modular dan bisa dipakai sepanjang waktu.

Sementara itu piranti lunak terus beralih dan berkembang dengan sangat cepat, maka dari itu harus terus diikuti dan dilatih terus-menerus. Kapabilitas menggambar manual sebenarnya nyaris bisa disebut opsional, walau menguasainya akan melatih insting design dan kreasi.

Untuk meyakinkan pemahaman desain grafis yang lebih tepat dan netral, seharusnya kita mencari pemahaman dari tiap-tiap kata yang ada pada frasa desain grafis ini. Tentu saja diawali pada pemahaman design lebih dulu.

Tipe Desain Grafis

A. Desain grafis identitas visual

Mekanisme identitas visual ialah satu mekanisme komunikasi visual yang membuat identitas dari suatu perusahaan, instansi, atau produk. 

Identitas visual kerap dipakai untuk membandingkan suatu produk atau layanan yang serupa dengan milik kompetitor atau pesaing hingga customer akan mudah mengenali suatu merk cukup dengan menyaksikan beberapa dari penampilan visualnya. 

Maka seandainya anda mau membuat suatu merek produk, sebaiknya anda melirik orang yang fokus pada sektor ini.

B. Design Antar Muka

Design Antar Muka ialah bagaimana pengguna berhubungan dengan piranti atau program. Dalam hal ini meliputi segala hal yang berhubungan dengan pengguna monitor, keyboard, dan mouse. 

Dalam kerangka desain grafis, design antar muka ini fokus pada pengalaman visual pengguna dan design komponen grafis di monitor seperti tombol, menu, mikro interaksi, dan banyak lagi yang lainnya. 

Ini merupakan pekerjaan pendesain untuk menyamakan daya tarik seni dengan peranan tekhnis.

C. Desain grafis marketing dan advertensi

Suatu perusahaan dengan suatu produk supaya dikenali oleh masyarakat tergantung pada usaha marketing dan advertensinya. 

Maka dari itu Marketing dan advertensi mempunyai tujuan untuk merayu tiap masyarakat memutuskan untuk membeli suatu produk. 

Pastinya content visual yang menarik dan dengan gagasan yang cemerlang akan memengaruhi orang dalam memilih untuk membeli suatu produk. 

Sebab orang akan mengidamkan content visual yang lebih memikat, desain grafis membantu organisasi mempromokan dan mengkomunikasikan produk mereka.

D. Publisitas

Publisitas ialah sisi dalam industri desain grafis yang melakukan komunikasi dengan masyarakat melalui distribusi masyarakat. 

Mereka kerap dikatakan sebagai industri media cetak. Seperti buku, koran, majalah, dan brosur. Tetapi, belakangan ini ada kenaikan yang sangat signifikan dalam penerbitan digital.

Pendesain grafis yang mengutamakan diri dalam publisitas bekerja bersama dengan editor dan penerbit untuk membuat tatanan letak dengan tipografi yang diputuskan dengan teliti dan kreasi seni yang menyertainya, yang mencakup photografi, diagram dan gambaran-gambaran atau ilustrasi.

E. Motion Grafis

Secara simpel, motion grafis ialah percabangan dari seni desain grafis yang disebut penyatuan dari contoh, tipografi, photografi dan videografi dengan memakai tehnik animasi bergerak. 

Ini bisa meliputi animasi, audio, tipografi, citra, video, dan efek lain yang dipakai dalam media online, tv, dan film. Reputasi media sudah melesat dalam tahun-tahun terakhir bersamaan dengan kenaikan tehnologi dan content video.

F. Design Kemasan

Sejumlah besar produk membutuhkan beberapa bentuk kemasan guna membuat perlindungan dan menyediakannya untuk penyimpanan, distribusi, dan pemasaran. 

Akan tetapi design kemasan dapat melakukan komunikasi langsung dengan customer, yang menjadikannya alat marketing yang paling mempunyai nilai.

Tiap-tiap kotak, botol dan tas, setiap kaleng, tempat, atau tabung ialah peluang menceritakan peristiwa mengenai suatu merk. Pendesain kemasan membuat ide, meningkatkan desain kemasan dan membuat file siap cetak untuk suatu produk.

Dalam hal ini memerlukan pengetahuan pakar mengenai proses cetak dan wawasan yang tajam mengenai design dan manufacturing industri. 

Sebab design kemasan membutuhkan banyak disiplin, sering pendesain mendapati diri mereka membuat asset lain untuk produk seperti photografi, sampel, dan identitas visual.

G. Grafis Lingkungan

Grafis lingkungan secara visual mengaitkan orang ke beberapa tempat untuk menaikkan pengalaman mereka secara keseluruhannya dengan membuat suatu area yang lebih mudah diingat, memikat, informatif ataupun lebih mudah dinavigasinya.

H. Seni dan ilustrasi untuk desain grafis

Seni grafis dan ilustrasi kerap tampil bersamaan dengan desain grafis, tetapi masing-masing sangatlah berlainan. 

Pendesain membuat susunan untuk melakukan komunikasi serta memecahkan persoalan, seniman grafis dan ilustrator membuat kreasi seni asli. 

Seni mereka mengambil beberapa bentuk, dari seni murni sampai dengan hiasan dan bisa juga ilustrasi mendongeng.

Ringkasan

Selanjutnya bisa diambil kesimpulan jika desain grafis ialah pengetahuan multidisiplin yang umumnya menyertakan Seni Rupa dan Pengetahuan Komunikasi. 

Lingkupnya juga luas, bukan hanya satu gambar saja, tetapi ke bermacam tipe komunikasi visual yang lain. Media yang bisa disentuh lumayan banyak, bisa berbentuk media cetak maupun non-cetak. 

Berlainan dengan design produk, desain grafis menciptakan produk yang tidak digunakan secara fisik oleh pengguna, tetapi lebih dipakai secara psikologis. 

Kecuali mengarah pada keilmuan dan proses, desain grafis dapat bermakna benda atau produk yang dihasilkannya sendiri.

Post a Comment for "Mengenal Desain Grafis"