Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenjang Pekerjaan Editor

Peran, Tanggung Jawab, Keterampilan Serta Jenjang Pekerjaan Editor

Pekerjaan editor ini banyak di jumpai di Indonesia. Pekerjaan sebagai editor ini sering dijumpai ada di beberapa tempat, seperti koran, majalah, media online, media cetak, dan penerbitan buku. Kadangkala pekerjaan editor ini ada juga di dalam suatu agency.

Pekerjaan editor ini memiliki keharusan untuk membuat tulisan menjadi lebih bagus. Di haruskan juga dapat mengganti narasi bertambah mengalir dengan baik. 

Dibalik kesuksesan buku yang terbit di pasaran, rupanya banyak pihak yang ikut serta termaksud diantaranya editor atau penyunting. Figurnya memang ada dibalik monitor.

Tetapi sebenarnya editor berperan sangat penting sebagai bagian keberhasilannya suatu industri penerbitan buku. 

Bahkan juga, melalui tangan seorang editor dapat mengeluarkan dan menerbitkan sebuah karya bagus yang melesatkan nama penulisnya. Editor berperanan dalam mendapatkan dan meningkatkan bakat penulis.

Pekerjaan editor bertanggungjawab pada seluruh peranan penyuntingan "revisi" dalam satu naskah di perusahaan penerbitan atau media. 

Setiap hari pekerjaannya mencari, membenahi dan mengeluarkan naskah tulisan atau gambar pendukung.

Tidaklah mengherankan kreativitasnya benar-benar dibutuhkan untuk meyakinkan pembaca puas dan nyaman membaca buku terbitan mereka. 

Pekerjaan editor yang tidak kalah penting ialah meyakinkan jika cuman buku-buku yang berkualitas saja yang dapat melejit dipasaran.

Editor harus juga punyai kapabilitas yang handal, apa lagi saat bertemu dengan sesama penulis-penulis pesohor atau dari kelompok akademik yang punyai deretan gelar. 

Seorang editor dituntut untuk dapat menempatkan diri lebih dari seorang yang hanya dapat merevisi kalimat atau ujaran saja, tetapi selaku konselor/konsultan untuk penulis.

Di dunia media, editor kerapkali disamakan dengan redaktur. Pekerjaannya masih sama yakni menyunting naskah yang dikirim beberapa penulis atau jurnalis. 

Editor dalam media masa khususnya media cetak dan online bertanggungjawab berdasarkan hasil tulisan jurnalis atau wartawan yang mereka revisi, penyeleksian topik dan desas-desus atau rumor sampai perform kabar berita.

Peranan dan Tanggung Jawab Sebagai Editor

  1. Menjadwalkan pertemuan untuk keperluan pembaca dan pengarang
  2. Mengedit dan merevisi kembali naskah yang sudah dirubah sesuai bahasa EYD atau bahasa yang sesuai standarisasi penerbit
  3. Memberikan seluruh gambar atau foto dan naskah yang telah di revisi kebagian desain grafis
  4. Menyiapkan naskah sampai pantas untuk diterbitkan dan bekerja bersama dengan orang kepercayaan atau bisa dengan asisten editor
  5. Menjalin kerja sama dan bersinergi dengan beberapa penulis dan partner kerja.

Kemampuan dan Kwalifikasi Selaku Editor

Pada umumnya, editor harus punya potensi menulis dan bisa mengupdate naskah supaya terlihat pantas dan bagus sebelum diterbitkan. 

Disamping itu, seorang editor harus juga mendalami beberapa hal yang detil, dan tentu saja mempunyai wacana dan pengetahuan yang luas. 

Seorang editor harus juga pahami style gaya tulisan dan cuplikan atau kutipan, editor harus juga mengerti design dan dapat menjalankan Microsoft Office. 

Dari sisi kwalifikasi, umumnya untuk bekerja di peran ini diperlukan pendidikan di bagian kewartawanan atau bagian jurnalistik. 

Pengalaman selaku penulis/wartawan diprioritaskan. Disamping itu, pengetahuan dalam sektor khusus dibutuhkan. 

Misalnya, saat ingin menjadi editor majalah olahraga, maka harus punyai pengalaman kerja di bagian olahraga atau pengetahuan di bagian itu. Sama seperti sains, tehnologi, ataupun ekonomi.

Saat ini banyak pula beberapa tempat yang membuka training publisistik, entahlah itu dari perusahaan media masa sampai instansi nirlaba. 

Sebagai editor anda dapat ikut ambil dalam hal itu dan supaya mendapati pengalaman, yang nantinya bakal menjadi bekal untuk dimasa depan.

Tingkatan Profesi Selaku Editor

Agar menjadi seorang editor, ada tingkatan profesi yang perlu dilewati oleh seseorang. Untuk yang mau mendapat status atau posisi di media massa, minimal dia pernah menempati posisi selaku wartawan atau orang kepercayaan editor selama beberapa tahun.

Umumnya, pengalaman selaku wartawan dan orang kepercayaan editor ini bakal menjadi pijakan untuk perusahaan media, untuk memandang kepantasan seseorang untuk memperoleh posisi ini. 

Disamping itu, umumnya perusahaan melangsungkan test kepenulisan. Sewaktu telah menjadi seorang editor, dengan pengalaman yang di dapat, nantinya bisa saja akan membawa ke status yang semakin tinggi. 

Misalkan, apabila di perusahaan media, berkemungkinan menginjak profesi sampai jadi pimpinan redaksi. 

Sedangkan untuk editor buku, minimal mereka harus eksper di bagian penerbitan. Bila tidak, minimum harus berkuliah di bagian bahasa. Umumnya, di dunia perkuliahan telah diberikan perihal proses koreksi narasi yang bagus.

Untuk editor buku, harapan ke depan yang memungkinkannya ialah mempunyai penerbitan tersendiri. Masalahnya minimal harus sudah mengetahui bagaimana proses sebuah buku diterbitkan.

Demikian sedikit ulasan mengenai pekerjaan editor, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Jenjang Pekerjaan Editor"